Media Belajar Bahasa Inggris Menggunakan Aplikasi Quizziz

20 Nov 2021 | by Endang Setyaningrum

MEMAHAMI KOSAKATA BAHASA INGGRIS DENGAN MUDAH MENGGUNAKAN


APLIKASI GAME EDUKASI QUIZZIZ


Oleh

Endang Setyaningrum

SD Al Falah Assalam


Saya merupakan guru Bahasa Inggris dikelas 1. Pelajaran Bahasa Inggris merupakan salah satu pelajaran yang wajib diikuti oleh seluruh murid mulai kelas 1-6. Pada Awal pertemuan saya dengan siswa kelas 1 kebetulan saya akan mengajarkan kosa kata Bahasa Inggris kepada anak murid saya kelas 1, yang mana kosakata kali ini sebelumnya belum pernah didapatkan di jenjang TK . Saya ingin murid saya mudah memahami materi Bahasa inggris dan lebih antusias serta tertarik untuk belajar Bahasa Inggris. Saya berpikir Karena Bahasa Inggris akan sangat dibutuhkan pada era saat ini, Maka kelas 1 merupakan pondasi awal kita menanamkan bahwa pelajaran Bahasa Inggris itu menyenangkan. Namun ternyata kosa kata ini sangat asing bagi mereka karena cara membaca dan makna dari kata tersebut mereka belum mengenal sama sekali , sehingga yang terjadi di kelas sering gaduh saat pembelajaran karena murid-murid tidak fokus dan berbicara sendiri, Ini merupakan tantangan yang sangat luar biasa bagi saya di tambah dengan hampir seluruh siswa ketika dirumah menggunakan bahasa daerah dan Bahasa Indonesia. Bahasa Inggris benar-benar merupakan bahasa yang baru bagi mereka.


Saya mulai mencari cara bagaimana agar murid saya tertarik belajar Bahasa Inggris, karena siswa saya adalah murid yang sebagian besar suka bermain game online maka saya akan menggunakan kesempatan ini untuk mengajarkan materi kosakata ke murid saya melalui game dari sebuah aplikasi. 


Strategi awal yang saya gunakan yaitu pertama saya akan membuat flash card berisi gambar benda sesuai materi hari ini dan menunjukkan ke murid nama gambar yg ada di flash card dengan menggunakan Bahasa Inggris. saya akan melakukannya sebanyak dua kali dan murid mengikuti apa yang saya ucapkan. Kemudian saya akan mengajak murid bermain game quizziz tentang materi kosa kata yang saya jelaskan menggunakan flash card diawal pertemuan tadi. Selanjutnya saya akan membagikan link game melalui platform yang kami gunakan untuk daring atau jika murid sedang PTM kita bisa menggunakan Laboratorium Bahasa di sekolah atau bisa dilakukan dikelas dengan menggunakan hp guru dan memainkan game secara bergantian. Setalah link dibagikan murid masuk dan menuliskan nama pada kolom nama di link tersebut, jika semua murid sudah masuk, guru akan memulai dengan klik “ start “ sebagai tanda permainana dumulai. Murid-murid sangat antusias dan ingin terus bermain. saya sampaikan kepada siswa bahwa kita akan bermain quiziz sebagai review setelah pemberian materi pembelajaran . Alhamdulillah dengan mengajak siswa bermainquizziz, siswa saya lebih antusias belajar Bahasa Inggris karena selain gambar dan backsound yang sangat menarik mereka juga belajar berkompetisi mengerjakan soal dengan siswa lain. sehingga mereka memahami cara membacanya dan mengetahui makna kosakata yang dimaksud melalui gambar yang ada. Murid menjadi lebih kompetitif dan lebih fokus. Mereka fokus pada pemberian materi karena mereka ingin dapat menjawab benar pada game quizziz tersebut. hal yang paling mengesankan suasana kelas menjadi ramai namun bukan ramai gaduh namun ramai sorak sorai murid karena sedang berkompetisi menjadi yang terbaik. Saya sebagai guru sangat senang sekali melihat kondisi kelas yang seperti ini lebih hidup dan tentunya tujuan materi tersampaiakan dan dapat diterima dengan baik oleh murid-murid saya. Membuat soal pada aplikasi quizziz memiliki tantangan tersendiri bagi saya, dimana saya harus lebih kreatif memilih gambar dan memilih jenis soal. Permainan ini juga memberikan kepuasan tersendiri bagi saya Ketika melihat murid-murid dapat mengerjakan dan menunggu - nunggu kapan quizziz dimulai. Dan selalu mendapatkan sambutan meriah dari murid-murid saat disampaikan hari ini ada game quizziz.

Simak Video Pemaparan Berikut