Ular Tangga Huruf
19 Nov 2021 | by ABDUL ROSYID
Perkembangan pada anak di usia dini sangatlah pesat, anak pada usia dini cepat dalam menangkap berbagai informasi di sekitar mereka sehingga banyak orang tua yang tak ingin masa ini terlewatkan termasuk didalamnya ingin anak bisa membaca, menulis dan berhitung sejak dini. Namun para orang tua lupa apakah anak-anak Bahagia jika harus dipaksakan untuk bisa membaca, menulis dan berhitung (Calistung) secara drill. Pendidik, orang tua dan siapa pun pasti menginginkan anak-anak Bahagia dalam melakukan aktivitasnya, termasuk Bahagia dalam belajar.
Tuntutan orang tua yang menginginkan anak-anaknya bisa membaca dengan cepat dan instant secara drill membuat anak-anak merasa stress dan tertekan dalam melakukan pembelajaran. Tak sedikit dari mereka yang tertekan jika dihadapkan dengan pembelajaran pembelajaran yang tidak menyenangkan. Pembelajaran yang tidak menyenangkan membuat suatu hal yang menakutkan bagi anak-anak saat akan memulai belajar baik di sekolah maupun di rumah.
Pendidik, harus memutar otak mencari ide, kreasi dan inovasi dalam memberikan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak, sehingga anak-anak akan betah dalam melakukan aktivitas pembelajaran. Stimulasi mengenal huruf melalui permainan peraga edukatif menjadi salah satu pilihan merancang pembalajaran yang menyenangkan bagi anak usia dini usia 3-5 Tahun.
Pada kesempatan kali ini penulis membuat Alat Permainan Peraga Edukatif yang Bernama Ular Tangga Huruf. Permainan Ular Tangga Huruf ini bertujuan untuk mengenalkan huruf dan angka pada anak-anak dengan metode bermain yang menyenangkan. Pada papan permainan di buat abjad A-Z yang tersebar secara acak yang diberi gambar Tangga dan Ular pada papan permainan. Permainan ini juga membutuhkan dadu yang diberi angka 1-6 yang akan dilempar oleh anak dadu ini. Cara memainkan Alat Peraga ini adalah setiap anak akan melempar dadu secara bergantian. Setelah dadu dilempar, maka anak akan melangkah dengan menggunakan tutup botol sebagai pion/tanda anak melangkah. Jumlah Langkah sesuai dengan angka dadu yang dilempar. Jika Langkah berhenti di salah satu huruf abjad yang tertera di papan, maka anak akan mengikuti instruksi selanjutnya yang akan diberikan oleh guru. Instruksi bisa berupa memyebutkan huruf tersebut, mencocokkan dengan huruf yang ada dikartu huruf, menulis huruf dengan menggunakan salah satu alat tubuh (misalkan kepala, mulut, tangan dll) atau bisa menuliskan huruf menggunakan plastisin/lilin mainan. Pion yang berhenti di tangga, maka pion juga akan naik, jika berhenti di ular, maka pion juga akan turun. Anak yang berhenti pada garis Finish terlebih dahulu, maka dialah pemenangnya.
Alat Peraga Ular tangga Huruf ini sudah di uji coba dan dimainkan langsung oleh anak-anak. Reaksi anak-anak sangat senang sekali bermain ular tangga huruf ini, hingga mereka terus meneru mau bermain ular tangga huruf ini. Stimulasi pengenalan huruf juga berhasil, anak-anak mulai paham simbol angka abjad A-Z dan angka 1-6 secara bertahap melalui permainan yang menyenangkan.
Semoga ide, kreasi dan inovasi Pembelajaran akan selalu ada untuk membuat pembelajaran yang menyenangkan. Anak-anak bisa belajar sambal bermain tanpa harus stress dan tertekan sehingga anak-anak bisa selalu merdeka dalam belajar.