Media Karophit Aljabar Dalam Pembelajaran Matematika

19 Nov 2021 | by Munawaroh

Peran Pendidik sangat penting, karena sebaik apa pun kurikulum dan sistem pendidikan yang ada, tanpa didukung mutu pendidik yang memenuhi syarat maka semuanya akan sia-sia. Sebaliknya, dengan pendidik yang bermutu maka kurikulum dan sistem yang tidak baik akan tertopang. Keberadaan pendidik bahkan tak tergantikan oleh siapapun atau apapun sekalipun dengan teknologi canggih. Alat dan media pendidikan, sarana prasarana, multimedia dan teknologi hanyalah media atau alat yang hanya digunakan sebagai rekan dalam proses pembelajaran. (Baker&Popham, 2005:28). 

Alhamdulillah tanpa diduga terpilih menjadi salah satu peserta WIT 2021. Ini kesempatan yang luar biasa bisa bergabung mengikuti program WIT 2021 sampai tahap akhir ( tahap 3) “ Penulisan Praktik Baik”, tidak terbayangkan dapat mengikuti program WIT 2021 dari 5.000an peserta guru se Indonesia yang mendaftar program ini, ternyata hanya 2000an peserta yang dinyatakan lulus menjadi peserta WIT 2021.

Suatu perjalanan panjang yang dilewati dalam mengikuti program ini , jika dikatakan lelah, ya “ lelah” tapi terbayarkan dengan segudang ilmu yang ditawarkan untuk para guru se-Indonesia bahkan mungkin dunia pada program WIT 2021. Pada Program ini terdapat merancang media pembelajan yang disesuaikan kebutuhan peserta didik, kebetulan saya ikut dalam merancang alat peraga, media yang saya buat saat itu adalah sebuah kartu pembelajaran. Alat peraga ini saya sebut dengan “Karophit Aljabar”, singkatan dari Kartu operasi  hitung Aljabar. Awal saya merancang kartu ini karena selama ini banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mengoperasikan bentuk aljabar. Kemudian saya mensurvei peserta didik, apa yang mudah dan gampang mereka pahami dan kesulitan apa yang mereka hadapi dalam menyelesaikan masalah terkait operasi hitung bentuk Aljabar, saat itu hanya coba-coba membuat kartu bentuk Aljabar dari kartun yang ditulis tangan dan lembaran yang dprint. Alat peraga ini saya uji cobakan kepada peserta didik, walaupun masih sangat sederhana bentuknya. Tetapi sebagian peserta didik sangat antusias dalam mengoperasikan kartu tersebut walaupun diawalnya mereka sangat kesulitan tetapi dengan bimbingan guru akhirnya mereka dapat mengoperasikan. Kartu tersebut awalnya hanya sekali pakai, tetapi dengan saran guru lain dan masukan para kurator dari team Wardah Inspiring Teacher 2021 yang membimbing kami dalam pembuatan alat peraga agar membuatnya bisa digunakan dalam jangka panjang, mala akhirnya kartu tersebut dibuat dan dilaminating agar dapat digunakan secara kontinu.

Antusias dan semangat peserta didik membuat kebanggaan tersendiri buat saya, wajah-wajah kecerian mereka terpancar ketika menyusun satu suku dengan suku lainnya, mengumpulkan suku sejenis dan mengoperasikan dalam lebaran-lembaran yang diberikan, kemudian menyalin hasilnya di buku latihan mereka masing-masing. Harapan akhirnya bisa tercapai mereka mulai memahami dalam mengoperasikan bentuk aljabar, walaupun masih perlu banyak latihan dan ketelitian, saya yakin mereka pasti bisa. Untuk melakukan semua itu butuh proses dan latihan, terus belajar, berbagi dan berkolaborasi. Mereka bekerja pada team dan diskusi yang saya bentuk dikelas, teman yang bisa dapat mengajarkan pada teman yang belum. Saya bersyukur mereka bisa menyelesaikan tugas itu dengan team yang solid. Terima kasih Team Wardah Inspiring Teacher 2021 yang telah mewadahi program ini, saya banyak belajar, terus berbagi dan berkolaborasi untuk kemajuan pendidikan.

Salam Merdeka Belajar....

Terus berkarya.....

Ditangan Mu tercipta orang- orang Hebat....

Salam Wardah Inspiring Teacher 2021.....


Lihat video Bu Munawaroh disini