Purwarupa Materi Sel

01 Dec 2021 | by ANNA TAUFANI, S.Pt, M.Pd

AWAL : Materi  Sel adalah materi banyak menyajikan gambar dengan organel –organelnya. Setiap organel  menampilkan gambar dan fungsinya Siswa kesulitan dalam mengidentifikasi gambar  dan ciri – ciri  setiap organel Kondisi diatas terjadi apabila siswa tidak benar – benar serius dalam memahami materi tsb

TANTANGAN : Dari beberapa kelas yang diajar,waktu pembelajaran dilaksanakan, sebagian siswa izin keluar dan tidak pernah kembali lagi / cabut, kelas jadi heboh , bahkan sebagian siswa tertidur saat jam pelajaran berlangsung. Setelah dilaksanakan assesmen terlihat hasilnya sangat rendah, dibawah KKM. Kondisi semacam ini  membuat saya tidak nyaman dan  emosi  ,  saya koreksi diri sendiri kenapa siswa seperti ini , siswanya yang malas atau saya sebagai guru yang belum maksimal dalam  mengajar materi ini .

AKSI :  Saya mencari metode  dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi ini, sehingga siswa merasa tertarik  dan   mau belajar, Saya  menggunakan metode diskusi dibantu media purwarupa sel  hewan . Siswa dapat melihat langsung dan dapat mengidentifikasi bentuk dan ciri dari tiap organel.

TANGGAPAN : Siswa merasa tertarik dan sangat antuasias belajar materi ini, terlihat dari  selama proses pembelajaran tidak seorangpun siswa yang izin keluar, apalagi cabut, mereka bersemangat belajar. Bahkan mereka dapat mengeluarkan ide – ide mereka sehingga sangat mudah untuk dipahami. Setelah diadakan assesmen hasil yang mereka sangat baik sekali. Semua diatas KKM bahkan ada yang mencapai 100.

Simak video Bu Anna disini