PENGGUNAAN MEDIA LAGU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

01 Dec 2021 | by NURHAYATI, SPd

Setelah hampir dua tahun pembelajaran daring, tiba saatnya Pembelajaran tatap muka tarbatas. Kerinduan melaksanakan Pembelajaran tatap muka terpancar pada Murid dan Guru.

Mengawali pembelajaran Tatap muka tentunya dengan persiapan yang dikemas sedemikian rupa agar penyampaian materi lebih menarik dan mudah dipahami yang sesuai dengan kebutuhan murid . Beberapa hari sebelumnya saya telah menyiapkan,menemukan,memilih dan merumuskan  strategi yang tepat dan lebih efektif. Melalui pembelajaran merdeka belajar. Sebagai guru saya menyadari saya dituntut lebih kreatif menciptakan suasana pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan serta lebih  berorientasi pada murid.

AWAL

Saya mengawali Proses pembelajaran pada Murid kelas XII Bahasa SMA Negeri 1 Jayapura yang berusia rata 16 tahun dengan komposisi putra berbanding putri 2 : 1, sebagian besar senang mendengarkan  dan menyanyikan lagu. Sebagai upaya peningkatan kemampuan mengidentifikasi prepositional phrase dan pengucapan kosa kata bahasa inggris dengan tepat  yang dapat merangsang partisipasi aktif murid dengan suasana pembelajaran yang menyenangkan.

TANTANGAN

Namun Pembelajaran yang monoton  menimbulkan kebosanan yang akan mengurangi perhatian,motivasi belajar dan konsentrasi murid dalam memahami dan mengembangkan kemampuan belajar murid. Proses pembelajaran yang monoton mepengaruhi dan membelenggu kemerdekaan murid menyalurkan energi positif dan pengembangan diri murid.

AKSI

Dengan memahami kebutuhan murid yang gemar mendengarkan dan menyanyikan lagu maka pemilihan dan penggunaan media lagu yang sesuai dengan karakteristik murid sebagai upaya memenuhi kebutuhan murid dan menarik minat murid dalam  menyerap materi pembelajaran yang disajikan dengan mudah dan menyenangkan serta penuh makna.

Melalui media lagu berbahasa inggris murid mendengarkan lagu “ Top of the World yang dinyanyikan oleh Carpenters ( sebagai Penutur Asli) sambil melengkapi lirik lagu yang tertera dan menyanyikan lagu tersebut. Selanjutnya murid  mengidentifikasi prepositional phrase dengan mengarisbawahi dan menyebutkan prepositional phrase yang ada dalam lirik lagu itu serta membuat kalimat dengan menggunakan prepositional phrase lalu menarik kesimpulan bersama.


PERUBAHAN/ PEMBELAJARAN

Penggunaan media lagu memudahkan belajar murid mencapai sasaran tujuan pembelajaran sebagai upaya memenuhi kebutuhan murid memahami materi pembelajaran dan mengembangkan kemampuan atau ketrampilan murid

Ternyata dengan menggunakan Media lagu dalam pembelajaran Bahasa Inggris dapat menumbuhkan energi positif, motivasi belajar dan meningkatkan partisipasi aktif murid yang lebih antusias dengan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna sehingga murid lebih mudah memahami prepositional phrase, meningkatkan kemampuan menyimak dan mengucapkan kosa kata bahasa Inggris dengan tepat .



Simak Video Pemaparan Ibu Nurhayati