Board Game Otak-Atik Kata

11 Dec 2020 | Inovasi Media Ajar dari PUNGKI PURITA AFRIANTI, TRIP FOR EDUCATION / SDI AL MIZAN

"Otak-atik Kata, Boardgame Khusus untuk Mempelajari Bahasa Indonesia dengan Cara yang Menyenangkan


Berpuluh-puluh tahun lamanya, sejak saya sekolah mulai dari Sekolah Dasar hingga menempuh perkuliahan masih ada saja tenaga pendidik yang melakukan metode pengajaran dengan cara ceramah. Cara mendidik seperti itu rasanya sudah jadul. Banyak juga dari teman-teman saya yang merasa bahwa metode ceramah sudah bukan waktunya lagi. Perlu cara kreatif untuk melakukan pengajaran. Apalagi di kalanganan anak-anak millenial atau gen Z yang sekarang ini semakin terus berkembang.


Pembelajaran yang menyenangkan dan mengasyikan sunggu sebuah hal yang diidam-idamkan oleh seluruh siswa. Pembelajaran yang harus menghafal materi yang sangat banyak, mereka di minta menyimak dengan duduk diam dan menyalin catatan dari buku. Dengan cara pembelajaran yang monoton, Kebanyakan siswa hanya mengingatkan sekilas saja. Apa lagi materi – materi dasar. 


Dengan banyak keluhan dan melihat kondisi kebutuhan siswa. Guru benar-benar dituntut untuk berpikir sangat aktif dan keratif. Bagaimana dapat mengolah kelas menjadi asyik dan materi yang diajarkan tersampaikan. Dari situlah muncul ide membuat sebuah media ajar yang berbasis permainan, atau biasa disebut board game education. 


Karena materi yang begitu banyaknya dan setiap materi tidak punya kesan khusus yang memancing ingatan siswa. Banyak siswa yang telah melupakan materi-materi dasar bahasa indonesia. Seharusnya materi itu sudah mereka pahami diluar kepala, padahal materi dasar bahasa Indonesia akan terus dipergunakan sampai jenjang lanjutan.  Maka saya terinspirasi membuat sebuah media ajar yang interaktif dan membantu siswa untuk mengulas kembali materi yang perlu mereka pahami dengan metoda dan cara baru yang menyenangkan tidak hanya dengan cara lama hanya membaca dan menulis. Terciptalah sebuah board game edukasi yang saya beri “otakatik kata”. 


Media “otakatik kata” yaitu media yang berbasis permainan kartu yang memuat kata sesuai dengan jenisnya dan mengajak anak untuk belajar mengenal kata dan menyusun kalimat. Melalui media otak-atik kata bisa memberikan pemahaman lebih mudah untuk membedakan kata sifat, kata kerja, kata benda, kata ganti dan kata keterangan.


Dengan media otakatik kata murid bisa mengenal jenis-jenis kata dan sekaligus menyususn kalimat dengan cara yang menyenangkan dan mengasyikan. Belajar bisa dilakukan dengan guru, orangtua dan teman. Board game ini memuat mata pelajaran Bahasa Indonesia dasar, tentang pengenalan jenis kata, kalimat dan struktur kalimat (S-P-O-K). Setiap siswa pasti telah mengenal beberapa kata dalam kehidupan sehar-hari dari sekolah, serta lingkungannya. Namun tak banyak yang mengetahui kelompok atau jenis katanya. Padahal jenis dan struktur kalimat sebagai bekal awal setiap anak untuk pembelajaran bahasa indonesia. 


Tantangan dalam permainan ini adalah setiap pemain harus berkonsentrasi dan fokus terhadap setiap kata yang dikeluarkan oleh lawan. Karena setiap pemain harus mengumpulkan kata dengan berlomba menepuk kata yang sesuai dengan jenis yang diminta. Dengan ini pemain akan memahami jenis perkata. yang dapat disusun menjadi kalimat sesuai dengan strukturnya (S-P-O-K ).  Dalam permainan ada 3 jenis kartu diantaranya kartu kata, kartu S-P-O-K atau (PAPAN POINT) dan ada kartu kunci (kartu jenis kata, dan strukur kata.)


1. Pertama semua  kartu kata dibagi habis kepada seluruh pemain.  


2. Kartu jenis dan struktur di tata di meja atau di tengah-tengah permainan. 


3. Permainan ini bisa dimainkan oleh minimal 3 orang dengan pembagian peran 1 sebagai moderator 2 sebagai pemain. 


4. Setelah semua siap permainan bisa dimulai, moderator akan meminta tiap pemain mengeluarkan kartu secara bergiliran. Dan meletakan diatas kartu kunci secara berurutan. 


5. Kartu kata yang cocok atau sesuai dengan letak kartu kunci maka pemain boleh menepuknya agar kartu tersebut menjadi miliknya dan dapat disusun menjadi kalimat. 


6. Disini fokus dan ketelitian diandalkan. Karena jika ada kartu kata yang dikeluarkan peserta dan kartu kunci sama maka setiap pemain harus berebut menepuk kartu untuk memiliki kartu tersebut. 


7. Kartu – kartu yang dikumpulkan bisa disusun menjadi kalimat sesuai papan point atau SPOK. 

Dalam game otakatik kata ada juga alternatif permainan lain lhoo masih menggunakan kartu otakatik kata yang sama. Alternatif permainan lain dengan kartu otak-atik kata !


1. Refleksi Otak-atik kata.

pemain beradu cepat menyebutkan jenis kata yang dibuka oleh moderator yang menyebutkan terbanyak adalah pemenangnya. (permainan ini melatih ingatan anak tentang jenis kata ).

Moderator membuka kartu kata dan meminta pemain untuk bereksplorasi membuat kalimat dari kata yang dibuka. (dengan alternatif permainan ini melatih anak untuk berfikir kritis dan berani bereksplorasi dengan kata yang disebutkan).

Hal ini ternyata cukup menjawab kejenuhan Murid yang selalu belajar daring lewat laptop dan hp. Mereka bosan belajar hanya menyimak video dan membaca teks, mereka suka melakukan aktivitas fisik. Apa lagi media ini mengajak mereka untuk bermain. Siswa akan semakin enjoy dan bersemangat. Bukan hanya untuk siswa tingkat Sd saja. Tingkat lanjut dan umum. 


Dari hasil pembelajaran menggunakan media ajar “otakatik kata” siswa lebih cepat memahami dan mengingat jenis-jenis kata dalam bahasa indonesia. Selain itu mereka juga tanpa sadar telah belajar membuat kalimat sesuai struktur yang tepat. Cara ini sangat efektif dan terbilang cepat untuk pembelajaran anak-anak. Dan bisa menjadi sarana review materi. Agar siswa dalam pembelajaran dan siswa tidak mudah lupa dengan materinya. Dan memudahkan siswa dan guru untuk melanjutkan materi yang mengharuskan siswa faham pada materi dasar terlebih dahulu. 


Saya pernah mencobanya pada siswa kelas 9, awalnya mereka bingung materi apa sih, game apa sih ini. Namun ketika saya menjelaskan sedikit dan mengajak mereka untuk terus mencoba. Mareka mnejadi tertarik. Hal yang membuat mereka tertarik adalah game ini membuat mereka ingat kembali dengan materi yang sudah sangat lama mereka lupakan. Bahkan mereka berpikir materi itu sudah tidak diperlukan lagi. Toh aku sudah bukan anak sd lagi. Tapi dengan media board game otakatik kata ini siswa smp pun begitu antusias dan bersemangat untuk mereview materi. Board game ini juga pernah dicoba bersama sesama teman pengajar dan mendapatkan respon positif.   


Dari beberapa hasil uji coba perminan. Saya rasa board game ini selain menjadi penunjang untuk pembelajaran siswa sd. Juga bisa digunakan untuk pembelajaran kelas lanjutan. Dan bukan hanya itu otakatik kata juga bisa menjadi salaha satu board game atau kartu permainan yang bisa dimainkan di luar lingkup pendidikan. Sebagai alternatif permainan saat berkumpul bersama teman, saudara dan keluarga. "