LITERASI DIGITAL BERBANTUAN WEB DESMOS

01 Dec 2021 | by Hendra Nugraha, M. Pd

Sebagai guru tentu harapan untuk menjadikan peserta didik lebih baik dan berkarakter adalah harapan saya dan sebagai guru juga saya memiliki keinginan agar murid-murid saya bisa antusias dalam belajar matematika. Selain itu harapan saya tetap memfokuskan kepada kodrat alam dan kodrat zaman dimana selain kembali ke alam peserta didik itu suka dengan permainan atau lebih dikatakan bermain maka dari itu harapan saya dalam pembelajaran matematika momok takut akan hilang dengan adanya pembelajaran yang menarik dan kreatif.

Pada masa endemik yang ada mulai dari maret 2020 saya merasa kehilangan arah untuk mengajar alasanya murid yang saya rindukan berubah drastis karena lebih fokus bermain games di HP sementara pembelajaran daring kurang menari dan dirasakan oleh saya seperti berbicara sendiri. Kesulitan yang saya rasakan ketika pembelajaran daring virtual dengan murid dimana saya menerangkan murid menutup kamera hpnya sehingga yang saya alami apakah murid memperhatikan materi yang saya ajarkan atau hanya masuk daring tapi anaknya bermain games, keluh kesah dalam hati bertanya-tanya apakah yang harus saya lakukan?sementara materi masih banyak yang harus dipelajari walaupun tidak harus 100%.

Saya mulai mencari cara salah satunya memanfaatkan kesukaan murid dimana mengikuti kodrat zaman. Setelah membaca dan mencari referensi baru saya memberanikan diri untuk mengutip aplikasi yang ada dan yang pernah saya pelajari di diklat ICT, dari sana saya memadupadankan mengenai literasi karena literasi juga sangat penting untuk kedepannya, saya mulai melakukan dengan aturan kodrat alam dan zaman dimana kembali ke permainan, maka dari itu saya memulai membuat quiz yang memakai flapon gratis yaitu web desmos, maka saya gabungkan dengan literasi berbantu web desmos untuk pembelajaran matematika. Saya berharap bisa memotivasi peserta didik. Aplikasi ini dapat diakses pada komputer dengan membuka website www.desmos.com dan dapat diakses melalui smartphone berbasis android/iOS dengan download terlebih dahulu melalui play store (untuk android) atau app store (untuk iOS). Tampilan awal dari aplikasi desmos graphing calculator pada saat membuka website www.desmos.com akan ditunjukkan pada gambar dibawah ini.  Di dalam aplikasi desmos ini terdapat banyak sekali fitur yang dapat memfasilitasi penggunanya.

Graphical user interface, text, application

Description automatically generatedGraphical user interface, website

Description automatically generatedGraphical user interface, application

Description automatically generated

Kreativitas murid dapat dibantu dengan memfasilitasi pembelajaran yang berpusat pada murid, meningkatkan partisipasi aktif murid, interaksi yang tinggi antara guru-murid dan antar murid, menggunakan berbagai strategi belajar yang memungkinkan siswa membangun sendiri pengetahuannya. Kreativitas murid dapat dibantu dengan memfasilitasi pembelajaran yang berpusat pada murid, meningkatkan partisipasi aktif murid, interaksi yang tinggi antara guru-murid dan antar murid, menggunakan berbagai strategi belajar yang memungkinkan murid membangun sendiri pengetahuannya. dalam penggunaan pembelajaran berlangsung dimana kegiatan ini digunakan untuk memotivasi murid dalam pembelajaran matematika, saya melakukan kegiatan ini diawal pembelajaran untuk mengulang materi yang sudah disampaikan sebelumnya dan di akhir untuk merefleksi kegiatan di akhir sebelum penutup dan untuk mengetahui daya serap yang diperoleh murid dalam pembelajaran yang sudah dilakukan.

Perubahan yang saya rasakan anak-anak mulai aktif mengerjakan atau memahami sedikit demi sedikit tentang materi yang saya sampaikan di kelas sehingga meningkatkan motivasi belajar dan aktivitas belajar peserta didik. Tidak disangka murid menjadi lebih antusias dalam belajar ketika diberikan games di awal dan di akhir pembelajaran dan ternyata dipahami murid dari apa yang disukai. Sehingga pembelajaran di SMPN 1 Pagaden dengan PTM terbatas dan sistem kombinasi akan lebih menarik antara mix pembelajaran daring dan luring dengan cara games atau kuis menggunakan aplikasi desmos. Maka, pelatihan Desmos untuk guru-guru matematika dirasa penting untuk dilakukan. maka dari itu perubahan yang saya rasakan selain kepada murid kepada guru juga sama apalagi mata pelajaran matematika lebih inovatif dan tidak menakutkan .


Simak video pemaparan Bapak Hendra