Membantu Memahami Materi Sebaran Fauna Di Dunia

19 Nov 2021 | by Ummu Tamam, S.Pd

Sebagai guru, tentunya saya memiliki harapan pembelajaran dapat berjalan sesuai rencana. Salah satunya saat menyampaikan materi menganalisis sebaran flora fauna di Dunia dan Indonesia. Pada saat mendampingi siswa dalam memahami materi ini saya berharap siswa memiliki rasa ingin tahu serta kecintaan kepada lingkungan hidup yang ditandai dengan respon awal mereka telah membaca terlebih dahulu materi pelajaran serta dapat memberikan pendapat tentang tindakan perlindungan dan konservasi flora fauna. 

Akan tetapi, perkembangan teknologi membuat para siswa sangat dekat dengan gadget berupa laptop. Ditambah dengan kondisi saat ini adanya pandemi dan pembelajaran jarak jauh membuat interaksi siswa dengan laptop ataupun handphone menjadi sebuah keharusan. Hal ini berdampak kepada kurangnya ketertarikan untuk membaca materi pada buku. Saya harus mengupayakan agar muncul antusiasme membaca dan mempelajari materi pelajaran. Ini merupakan langkah awal untuk memperoleh tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. 

Untuk mengatasi hal tersebut, saya mencoba membuat media pembelajaran yang lebih dekat dengan siswa yaitu media pembelajaran dalam bentuk video, yang dibuat dengan dengan animasi dan warna yang variatif. Video ini dapat digunakan saat pembelajaran tatap muka maupun jarak jauh. Jika siswa belum memahami materi, video ini dapat dilihat berulang-ulang di laptop ataupun handphone.Video pembelajaran ini merupakan yang pertama saya buat. Saya menjadi belajar membuat media powerpoint menggunakan aplikasi canva. Selain itu, saya juga belajar merekam suara dan layar dengan aplikasi Camtasia studio. Belajar merekam, mengedit dan menunggu rendering video menjadi hal yang baru untuk saya. Dengan segala kekurangan dan keterbatasan dalam membuat video pembelajaran, terselip rasa percaya diri bahwa saya harus bisa mengupayakan media pembelajaran baru dalam mendampingi proses pembelajaran siswa. 

Setelah video pembelajaran jadi, saya upload video tersebut ke aplikasi E-Learning Madrasah. Aplikasi ini merupakan salah satu penghubung dengan siswa dalam pembelajaran. Siswa dapat langsung mengunduh video tersebut sebelum pembelajaran dilakukan. Ketika saya sampaikan bahwa materi sebaran fauna di dunia dapat disimak melalui video di kelas E-Learning Madrasah, tanpa diminta siswa langsung merespon hal tersebut.

Dalam pelaksanaan pembelajaran siswa menjadi lebih cepat untuk merespon pertanyaan yang diberikan. Sebagian dari mereka telah mengakses video pembelajaran yang saya buat sebelum jadwal belajar di kelas. Atas respon yang muncul dari siswa, saya perkuat dengan memberikan motivasi ataupun pujian atas respon yang mereka berikan.Video pembelajaran membuat lebih mudah untuk mengetahui flora fauna sesuai dengan bioma merupakan salah satu kalimat yang menggambarkan bahwa ini memberikan pengalaman belajar yang  baik bagi siswa saya. Meskipun demikian, media video yang saya buat masih jauh dari sempurna dan perlu dikembangkan, seperti siswa yang membuat video sesuai dengan materi yang dipelajari. Mau mencoba hal yang baik menjadi pengalaman yang menyenangkan. Salam buat semua guru pembelajar!

Simak Video Pemaparan Ibu Ummu Tamam, S.Pd