Serunya Belajar IPA saat Pandemi melalui Video Pembelajaran

19 Nov 2021 | by Rd. Rara Citra P.

 

   Pembelajaran   jarak   jauh   atau   disebut juga dengan  istilah   PJJ sudah tidak asing lagi terdengar   di   telinga   sejak   adanya   wabah Covid-19. Sampai  saat  ini  banyak  sekolah  yang  menerapkan  pembelajaran  jarak  jauh  untuk memutus rantai virus Covid-19. Sekolah tempat saya mengajar  menerapkan  pembelajaran  jarak  jauh dengan cara daring (dalam jaringan/ online).  

 

   Ketika saya memberikan pembelajaran kepada murid, biasanya saya mulai dengan belajar online kelas virtual melalui Googel Meet pada pukul 08.00-10.00. Dengan durasi tiap  mata  pelajaran  30  menit  dan  istirahat  30  menit  pada  pukul  09.00. Pada saat saya memberikan Pelajaran  IPA, banyak sekali materi yang disajikan dengan gambar-gambar pendukung. Ketika saya menjelaskan pembelajaran materi IPA tentang “Simbiosis” melalui Google Meet, tujuan pembelajaran yang dicapai yaitu siswa memahami materi tentang Simbiosis dengan jenis-jenisnya kurang sempurna mengingat contoh dari jenis-jenis Simbiosis kurang dapat dimengerti oleh murid, karena saya hanya memberikan pembelajaran hanya menggunakan buku pelajaran saja. 

 

   Saya mulai pembelajaran dengan menjelaskan materi yang ada di buku. “Selamat pagi anak-anak hebat.” “Selamat pagi.” “Apakah sudah siap pembelajaran hari ini?” “Sudah Bu.” “Silahkan buka buku tematiknya, dan lihat materi simbiosis pada buku”. Karena saya lihat murid-murid terlihat tidak begitu antusias dan kurangnya minat dalam belajar IPA ini, saya berfikir ada yang salah dari pembelajaran yang saya berikan selama ini. Mereka tidak konsentrasi dalam menyimak pembelajaran yang saya berikan, juga seperti terlihat mebosankan.


  Kemudian saya menyajikan pembelajaran menggunakan  video yang saya buat sendiri,  contoh  pada materi Simbiosis diberikan contoh-contoh jenis Simbiosis dengan gambar yang bergerak. Murid-murid sangat fokus dan memperhatikan apa yang mereka lihat di video, mulai dari pengertian Simbiosis, jenis-jenis simbiosis, dan yang paling menarik saya melihat ada perbedaan dari murid saya ketika belajar hanya lewat buku, dan belajar dengan disajikan video.

 

   Murid-murid senang dan antusias sekali, ketika saya bertanya tentang materi tersebut murid-murid dengan sigap menjawab pertanyaan yang saya ajukan. Dan mereka tidak malu-malu lagi ketika bertanya tentang apa yang tidak mereka mengerti. Akhirnya dengan strategi pembelajaran menggunakan media video saat pembelajaran jarak jauh, membuat semua murid saya paham dan mengerti tentang Simbiosis. Di samping  mereka mengerti tentang materi yang dijelaskan dalam video, mereka juga terlihat senang dan antusias dalam belajar, sehingga pembelajaranpun menjadi lebih bermakna. Penggunaan  media video dalam  pembelajaran IPA ini menurut saya cocok diterapkan di kelas atas, baik itu kelas 4, 5, ataupun kelas 6. Peran  orang  tua  murid  juga  tidak kalah  penting,  karena  orang  tua  juga  dapat ikut membantu  anaknya  di  rumah  memberikan contoh dari jenis-jenis simbiosis yang ada di lingkungan rumah.  Keseruan belajar lewat virtual dengan disajikan video pembelajaran yang menarik mendapat tanggapan yang baik dari orang tua murid karena kolaborasi antara murid dan guru ini dapat dijadikan kenang–kenangan terindah saat pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran  sangat  seru  ketika  murid  melakukan  dengan  semangat   tanpa   beban   sehingga   tujuan   pembelajaran   tercapai   dan   materi   dapat   diselesaikan   secara   tuntas.   Kolaborasi  pembelajaran  antara  murid  dan  guru  pun  terjalin  dengan baik di saat pembelajaran jarak jauh seperti ini. Murid senang, guru senang, dan tujuan pembelajaran juga tercapai. 



Simak Video Pemaparan Ibu Rd. Rara Citra P.