ALGATRON SOLUSI PRAKTIS DAN EFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN KONFIGURASI ELEKTRON

12 Dec 2020 | Inovasi Media Ajar dari IDHA NURHAYATI, S.Pd., SMA Negeri 1 Pati

Murid kelas X SMA N 1 Pati rata-rata berusia 16 - 18 tahun dengan karakter selalu aktif dan menyukai tantangan yang seru.

Konfigurasi elektron dalam pelajaran kimia mengungkap tentang susunan elektron dalam suatu atom. Konsep konfigurasi elektron sangat penting dipahami oleh murid karena merupakan prasyarat untuk pemahaman materi kimia yang lainya. Oleh karenanya guru harus berupaya untuk mengkondisikan murid agar tujuan pembelajaran konfigurasi elektron ini dapat tercapai yaitu mampu memahami dan menjelaskan konfigurasi elektron pada setiap unsur dalam sistem periodik.

Materi pembelajaran konfigurasi elektron bersifat abstrak teoritis dengan konsep yang rumit. Murid selalu merasa kesulitan untuk memahaminya, karena atom hanya ada dalam imaginasi. Mereka beranggapan bahwa konfigurasi elektron adalah materi yang sulit.
Setelah menggunakan Algatron terjadi perubahan yang signifikan di dalam pembelajaran sebagai berikut :
Guru menciptakan ALGATRON (Alat Peraga Konfigurasi Elektron) yaitu suatu alat peraga yang dapat menggambarkan secara nyata dari sebuah atom yang bersifat abstrak. Algatron merupakan perbesaran dari sebuah atom yang dilengkapi dengan kulit dan subkulit, dengan demikian murid tidak hanya membayangkan tapi mereka dapat secara langsung menyusun letak elektron-elektron dalam subkulit-subkulit melalui Algatron.
● Keaktifan, minat dan motivasi murid terhadap pembelajaran meningkat. ● Murid mengingat dan memahami konsep konfigurasi elektron secara mendalam. ● Murid mampu mengerjakan soal-soal konfigurasi elektron dengan benar, cepat, dan tepat.
● Hasil belajar murid meningkat dengan sangat baik.