Belajar Bahasa dengan Aplikasi WordWall

19 Nov 2021 | by Eli Alawiyah Wijayanti, M.Pd

Mengajar murid kelas 8 tahun ini sungguh unik dan berbeda dari angkatan-angkatan yang pernah saya ajar sebelumnya. Siswa kelas 8 adalah anak-anak yang cerdas dan pintar namun mereka bukan anak yang terlalu senang banyak bicara. Sudah hampir 1,5 tahun ini saya mengajar secara online melalui zoom. Termasuk kepada angkatan ini. 


Saya sudah menyiapkan materi dan gaya mengajar yang menarik. Berbagai games dan video menarik telah saya siapkan untuk membuat mereka menjadi antusias dan bersemangat selama mengikuti kelas saya.


Namun, yang terjadi adalah saya sering merasa mati gaya kalau mengajar murid kelas 8 ini. Saya merasa sudah bersemangat, sudah antusias, sudah berapi-api. Tapi respon dari murid kelas 8 ini hanya senyum, menjawab kalau dipanggil namanya dan cenderung jadi pendengar yang baik. Mereka akan berbicara atau memberikan respon dari setiap pertanyaan saya apabila saya meminta mereka atau menyebut nama murid satu persatu. Padahal harapan saya karena mereka sudah berada di kelas 8 mereka lebih aktif dan lebih responsif saat belajar secara sinkron maupun asinkron secara mandiri.


Karena keadaan itu, membuat saya mencari tahu apa yang menjadi kebutuhan bagi angkatan kelas 8 ini. Saya pun coba mengamati perilaku yang biasa mereka lakukan dan mencoba berdiskusi sederhana dengan mereka. Dari hasil pengamatan dan diskusi sederhana diketahui bahwa mereka adalah murid yang sangat menyukai games online. Kebanyakan dari mereka adalah pemain game online yang cukup aktif. Sebagian besar dari mereka menghabiskan waktu untuk bermain online dengan teman satu angkatan. Mereka adalah anak-anak yang kompak dan saling mendukung satu sama lain. 


Selain itu, sebagian besar dari anak-anak ini adalah anak-anak yang penurut, tidak suka berbicara terlalu banyak dan lebih menyukai memilih kegiatan yang tidak mengharuskan mereka untuk tampil ke depan. 


Dari hasil observasi itulah maka saya mencoba mencari aplikasi yang membuat mereka menjadi antusias untuk mengikuti pembelajaran sesuai dengan karakteristik mereka.   Saya pun memilih aplikasi WordWall sebagai strategi yang saya lakukan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap teks berita. Aplikasi word wall ini sangat banyak pilihannya, sehingga memudahkan saya mengkombinasikan berbagai pilihan yang ada di word wall ini.


Saya memilih menggunakan aplikasi word wall dalam bentuk quiz, untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap pemahaman mereka atas materi teks berita. Karena, sangat cocok untuk karakteristik kelas 8 angkatan ini, yang sangat menyukai games online.


Dari penerapan WordWall ini terlihat anak-anak begitu antusias mengerjakan lembar kerja bahasa Indonesia. Lembar kerja ini dikerjakan oleh siswa melalui Google Classroom. Pemberian lembar kerja ini diharapkan dapat meningkatkan antusiasme siswa kelas 8 saat mengikuti pembelajaran secara asinkron yaitu pembelajaran melalui WA dan Google Classroom.


Setelah dibagikan lembar kerja melalui WordWall terlihat bahwa seluruh siswa begitu antusias untuk mengerjakan. Hal ini terlihat ada 36 siswa yang ikut mengerjakan lembar kerja ini. Padahal biasanya siswa kelas 8 ini tidak pernah lengkap mengerjakan tugas saat pembelajaran melalui kelas WA. Namun, kali ini sungguh ajaib. Mereka semua mengerjakan lembar kerja tersebut. Dan mendapatkan nilai yang cukup bervariasi. 


Pemilihan media ajar menggunakan WordWall untuk pelajaran Bahasa Indonesia sangat tepat bagi siswa yang menyukai games online. 


Simak Video Pemaparan Ibu Eli Alawiyah Wijayanti