ENGLISH FUN BY PLAYING GAME ONLINE

20 Nov 2021 | by AGUSTINA SYAFRIANI

Saya seorang guru Bahasa Inggris, pada tahun pelajaran ini saya diberi tugas mengajar di kelas X. Menjalankan tanggung jawab tersebut saya memiliki sasaran capaian yaitu mencapai tujuan pembelajaran yang telah saya rancang dalam RPP. Tujuan pembelajaran tersebut adalah siswa dapat menganalisis ungkapan, perbedaan cara pengungkapan, menyimpulkan struktur dan unsur kebahasaan serta menyusun kalimat memberikan ucapan selamat dan memuji. Namun, keresahan saya rasakan dalam mendampingi proses belajar murid, motivasi belajar mereka sangat rendah. Melalui pengamatan yang saya lakukan, hal tersebut karena proses belajar yang dilaksanakan secara daring selama awal pandemi COVID-19. Melalui kesempatan menulis ini, saya ingin berbagi kepada para pembaca yaitu bagaimana memahami kodrat murid sehingga dapat meningkatkan motivasi belajarnya. 

 

Keadaan yang sedang dihadapi oleh dunia yaitu pandemi COVID-19 memberikan dampak yang luar biasa terhadap pendidikan di Indonesia. Hal ini juga sangat kami rasakan di sekolah kami. Aktivitas pembelajaran tidak dapat berjalan secara maksimal pada awal pandemi menyerang. Proses pembelajaran yang selama ini kami lakukan secara tatap muka di kelas, harus kami lakukan secara online selama masa pandemi. Namun, keadaan semakin hari semakin membaik, sehingga proses pembelajaran sudah dapat dilakukan dengan moda tatap muka terbatas. Namun dampak dari proses pembelajaran online yang dilakukan sebelumnya, yaitu menurunnya motivasi belajar murid masih sangat saya rasakan.Tantangan yang saya hadapi dalam mengemban tanggung jawab dan dalam mencapai sasaran yang ingin saya capai adalah motivasi belajar peserta didik yang sangat rendah. Sehingga proses pembelajaran tidak dapat berjalan secara maksimal. Tujuan pembelajaran yang telah saya rancang tidak tercapai.

 

Saya mulai memikirkan strategi belajar yang dapat meningkatkan motivasi belajar murid. Sebagai tahap awal saya mencari referensi yang dapat meningkatkan motivasi belajar murid. Salah satunya adalah KHD menjelaskan bahwa dasar Pendidikan anak berhubungan dengan kodrat alam dan kodrat zaman. Kodrat alam berkaitan dengan “sifat” dan “bentuk” lingkungan di mana anak berada, sedangkan kodrat zaman berkaitan dengan “isi” dan “irama”. Kodrat alam anak salah satunya adalah bermain. Kodrat zaman murid yang tidak dapat dipisahkan dari teknologi smartphone. Sehingga saya berkreasi dan inovasi dalam proses pembelajaran saya dengan mengaplikasikan game berbasis web yaitu educandy.com, wordwall.net dan quizizz.com. Game ini dimainkan menggunakan smartphone. Educandy.com saya setting sebagai stimulus di awal kegiatan pembelajaran. Selanjutnya wordwall.net saya setting untuk mengetahui pemahaman murid terhadap materi (Assessment for learning). Di akhir kegiatan sebagai assessment of learning saya mensetting pertanyaan di Quizizz.com. Serunya pelaksanaan strategi tersebut adalah saya banyak belajar dan mencari referensi membuat game yang sesuai dan dapat diaplikasikan kedalam proses pembelajaran mata pelajaran bahasa Inggris. Respon murid saya adalah mereka sangat senang dengan proses pembelajaran yang saya lakukan dan saya menanggapi respon tersebut adalah terus mendorong mereka untuk meningkatkan motivasi belajar mereka.

 

Pelajaran atau inspirasi yang saya dapatkan dari pelaksanaan strategi tersebut adalah motivasi belajar murid meningkat. Hal ini dikarenakan kita memahami murid, lebih memanusiakan hubungan dengan berempati pada kondisi murid. Dengan memahami kodrat anak yaitu bermain dan mereka adalah generasi yang tidak dapat dipisahkan dari teknologi smartphone. Hal yang perlu dikembangkan dari strategi tersebut adalah lebih mengeksplor lagi permainan-permainan berbasis WEB yang dapat diaplikasikan dalam pelajaran bahasa Inggris. Dengan strategi ini proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan tujuan pembelajaran dapat dicapai oleh peserta didik.


Simak Video Pemaparan Ibu Agustina Syafriani