Media Kartu Hurup

20 Nov 2021 | by Nyimas Laelasari,S.Pd.I


Menyusun Kartu Kata Pancasila

Nyimas Laelasari,S.Pd.I

MI PERSIS NO.8 PAMEUTINGAN 


Pada awalnya pembelajaran yang  saya  lakukan terbilang kurang menarik  begitu menjenuhkan itu menurut saya, mungkin dibalik itu juga anak-anak merasa demikian.

Ternyata cara mengajar yang baik dan tepat, dan bisa beragam ide dan metode yang digunakan untuk mengajar dikelas satu SD  itu sangat banyak sekali, hanya keinginan yang besar saja supaya anak didik saya bisa membaca, menulis,  dan menghitung atau yang sering dikenal dengan istilah calistung.

Tapi dengan tuntutan dan perkembangan zaman akhirnya ,tidak boleh tidak saya harus mengembangkan teknik mengajar yang lebih baik yang membuat anak senang, tidak bosan, dalam belajar artinya harus ada kreatif inovatif serta menyenangkan. Literasi, numerasi, serta motoriknya harus benar -benar kita tuangkan dalam setiap pembelajaran.  Apalagi setelah saya mengikuti wardah inspiring teacher, begitu banyak sekali ilmu yang didapat baik dari strategi pembelajaran, media yang bisa digunakan dalam  proses pembelajaran yang nantinya bisa dikembangkan oleh kita.

Namun semuanya itu butuh proses,dan waktu yang lumayan,serta  murid-murid baru kali ini bisa mengikuti pembelajaran yang bisa langsung bertemu dengan guru dan teman-temannya dengan duduk yang enak dibangku sekolah dan kelas yang menurut mereka nyaman untuk belajar.

Akhirnya hari ini saya mengajak mereka untuk belajar dengan ide menyusun kartu kata Pancasila menjadi susunan yang tepat. 

C:\Users\NYIMAS\Documents\IMG_20211022_131834.JPG                 C:\Users\NYIMAS\Documents\IMG_20211022_132026.JPG


                            

“Bu ,sekarang kita mau belajar apa, disuruh bawa gunting dan lem?’’ tanya Deden.

Itulah yang dilontarkan salah satu murid dengan lantangnya.

“Baiklah, apakah kalian masih ingat tentang mata pelajaran  PPKN kemarin ?’’saya balik bertanya.

“Kemarin kita belajar tentang Burung Garuda bu,”  jawab Iki.

“ Pancasila bu” serentak menjawab.

“Betul, jawaban kalian semua”

Hari ini saya mengajak anak –anak mengingat kembali Pancasila beserta sila-silanya,kemudian mengajak mereka,mengamati sebuah bagan yang berisikan tulisan Pancasila beserta simbol-simbolnya, serta mengajak bersama-sama  membaca dan menalarnya.  Diakhir penugasan  saya mengambil lembar tugas yang berisi kartu  kata  sila-sila Pancasila yang tidak tersusun rapih urutannya, kemudian menjelaskan secara rinci kegiatan yang harus dilakukan oleh murid- murid yaitu mengajak anak menggunting, mengelem dan menyusunnya dengan tepat ! 

Anak -anak sangat antusias dalam pelajaran hari ini, selain mereka bersemangat,juga mereka tergerak untuk bisa menggunting dengan baik dan rapih, pembelajaaran ini sangat baik  melatih motorik halus anak, yaitu melatih otot-otot halus anak agar berkembang dengan baik, dari segi literasinya pun berkembang, buktinya dengan kemampuan bahasanya mereka aktif bertanya agar susunanya tepat.

Kegiatan hari ini, sangat membahagiakan mereka,membuat tersenyum dan  ceria,  hati ini  terasa lega, walau dengan waktu yang sebentar dan jadwal dua sesi tapi terasa banyak yang didapat, kadang   dalam pembelajarannya, ada yang membuat ketawa atau lucu  dari tingkah laku murid-murid, ada juga yang tanggal giginya, ada pun yang bolak balik ke papan tulis menyamakan tulisan, tapi setidaknya hari ini pembelajaran yang berkesan buat mereka. 

C:\Users\NYIMAS\Documents\IMG_20211021_080003.jpg      C:\Users\NYIMAS\Documents\IMG_20211021_095836.jpg     C:\Users\NYIMAS\Documents\IMG_20211021_100119.jpg        C:\Users\NYIMAS\Documents\IMG_20211021_095919.jpg

Simak Video Pemaparan Ibu Nyimas Laelasari