Aplikasi Murottal Memudahkan Anak Belajar Membaca

20 Nov 2021 | by Mahfudhoh

Tahun pertama mengajar mata pelajaran Al Qur’an Hadits kelas 1 MI Al Hikmah Sukomulyo Mojowarno Jombang Jawa Timur. Di tahun pandemi covid 19 pula, sungguh luar biasa. Selama belasan tahun saya mengajarkan mata pelajaran umum meskipun latar belakang Pendidikan saya adalah seorang guru agama, dikarenakan di MI belum banyak guru yang linear.Pendidikan agamapun bisa mengajar mata pelajaran umum. Pada mulanya saya kira mudah mengajarkan murid-murid untuk membaca al quran karena kami tinggal di desa banyak surau-surau yang mengajarkannya, namun bayangan saya tidaklah semudah itu. Sebagai seorang guru untuk mengajarkan baca tulis al quran pada murid-murid yang masih sulit melafalkannya, disebabkan membaca saja belum bisa apalagi menghafalkannya. Ini adalah tantangan buat saya yang mana latar belakang Pendidikan saya adalah guru agama, di mana kondisi masih pandemic.

Awal mula pengambilan ide menggunakan Aplikasi Murottal Juz Amma ini berdasarkan dari pengalaman pribadi pembelajaran pada anak saya sendiri, dianya termasuk pembelajar Auditori kinestetik dimana dia tidak bisa belajar dengan duduk dan diam, dirumah selalu saya perdengarkan aplikasi murotal setiap pagi habis subuh, tanpa kami sadari dia mampu menyerap apa yang dia dengarkan setiap hari dan bisa melafalkannya dengan baik dan benar.

 Dengan kondisi yang di alami murid-murid kelas 1 MI Al Hikmah Sukomulyo Mojowarno Jombang dalam hal melafalkan dan menghafal surah Al Fatihah ayat 1-7 dengan baik dan benar sesuai makhorijul huruf serta tajwidnya maka dalam pembelajaran yang jarak jauh atau daring dan nantinya yang bisa dipakai meskipun sudah pembelajaran tatap muka ini mengharuskan saya untuk mencari cara bagaimana pembelajaran itu bisa berhasil dan tercapai tujuan pembelajarannya. Dengan keyakinan yang kuat saya mencoba mencari cara bagaimana murid-murid bisa mudah membaca dan melafalkan surah al fatihah dengan baik dan benar yaitu mencoba memperkenalkan Aplikasi Murotal Juz Amma.


Bagaimana pembelajaran bisa berhasil dan tercapai harus ada strategi yang dikembangkan oleh seorang guru, dalam hal ini saya mengambil cara menggunakan Aplikasi Murotal dalam pembelajaran ini. Pertama-tama murid-murid saya beri/share audio murottal melalui Wa.ada dua versi,yaitu versi anak-anak dan versi dewasa. Terserah murid-murid mau memilih yang mana, dengan kesepakatan penggunaannya yaitu setiap sore hari selalu diperdengarkan serta diulang-ulang pemutarannya dan untuk pembiasaannya dilakukan di setiap pagi hari sebelum   pembelajaran dimulai harus melafalkan surah Al Fatihah yang sesuai dengan bacaan di aplikasi murottal tersebut, karena penting untuk menghafal sebagai landasan murid-murid untuk mendirikan sholat, bacaan surah Al Fatihah dalam sholat adalah wajib bagi setiap muslim. Bentuk tagihannya pada waktu masih pembelajaran jarak jauh murid-murid bisa menyetor bacaan surah Al Fatihah melalui video dan ada yang audio. Untuk waktunya ada kesepakatan dua Minggu setelah audio di bagikan. Namun untuk saat ini sudah mulai tatap muka saya bisa melihat dan dapat menilai pada waktu pembiasaan sebelum belajar, ada murid-murid yang antusias melafalkannya dan ada yang masih pasif dalam melafalkannya.

 Dalam tempo beberapa hari murid-murid MI Al Hikmah Sukomulyo Mojowarno Jombang sudah mulai dapat melafalkan bacaan surah al fatihah ayat 1 sampai 7 dengan baik dan benar dan sesuai makhorijul huruf serta tajwidnya. Namun ada Sebagian kecil yang masih pasif dalam membaca dan melafalkannya. Dikarenakan pemutaran aplikasi murotalnya jarang diperdengarkan artinya mereka tidak mengikuti petunjuk yang disuruh.Karena melihat murid-murid yang lain banyak yang sudah bisa mereka berkeinginan untuk bisa. Dorongan itulah yang membuat saya yakin bahwa Ketika ada kemauan pasti akan ada jalan. Mudah mudahan pembelajaran ini bisa tercapai dan tuntas sesuai dengan tujuan pembelajaran.