Praktik Baik Permainan Ulat Seram (Ular Tangga Serat Alam)

20 Nov 2021 | by Ema Epriyanti, S.I.Kom


Prakarya merupakan mata pelajaran yang memotivasi Siswa untuk bisa mengoptimalkan kemampuan motorik halusnya dengan baik. Materi yang dipelajari tidak hanya berpusat pada keterampilan saja namun didalamnya ada materi pengolahan, rekayasa, dan budidaya. Kesemua materi atau BAB tersebut memerlukan keterampilan khusus agar mampu menghasilkan produk yang sesuai. Di kelas 7, siswa mempelajari materi Kerajinan Serat Alam. Pada awal pembelajaran, siswa disuguhkan beberapa informasi terkait materi tersebut, pemberian pertanyaan pemantik, pemutaran video bahan-bahan serat alam, dan lain sebagainya dilakukan sebagai upaya untuk memberikan pengetahuan mengenai serat alam. Namun, ternyata usaha tersebut belum cukup untuk membantu siswa memahami materi secara menyeluruh. Kecenderungan siswa yang aktif dan senang bergerak, membuat mereka lebih tertarik dan bersemangat untuk langsung mempraktikkan teknik-teknik yang dikenalkan. Padahal, mempelajari materi tentu akan lebih memantapkan keterampilan mereka ketika mengaplikasikannya pada pembuatan benda kerajinan.

Melihat kondisi seperti ini, saya mencoba berbagai aplikasi seperti quizizz, worldwall, dan lain sebagainya untuk bisa meningkatkan minat mereka. Saya lihat, siswa cukup antusias mengerjakan, namun interaksi mereka dan temannya kurang terlihat karena aplikasi cenderung individu. Maka, saya berpikir bahwa mereka perlu sebuah media yang dapat mengakomodir aktivitas gerak dan pemahaman materi dalam bentuk papan permainan. Melalui papan permainan, siswa tidak hanya melakukan interaksi dengan temannya, namun juga memudahkan mereka untuk mengingat materi dengan menjawab soal, dan tentu aktivitas bergerak mereka sedikitnya dapat terpenuhi.

Saya pun mencoba mengadaptasi papan permainan ular tangga, dan memodifikasinya. Saya modifikasi dari desain dadu, cara bermain, dan desain papan permainannya sendiri yang saya kaitkan dengan materi Kerajinan Serat Alam. Saya berpikir melalui bentuk visual yang berkaitan dengan materi akan memudahkan mereka untuk mengingatkan dengan baik. Ulat Serat atau Ular Tangga Serat Alam adalah nama papan permainan yang saya buat.

Papan permainan yang sudah jadi, saya uji cobakan di kelas dengan memilih beberapa murid. Mereka terlihat cukup antusias mendengarkan panduan bermain yang saya sampaikan. Ketika mereka memainkannya, terlihat ada interaksi yang dilakukan baik terhadap tim sendiri maupun lawan. Mereka pun terlihat berdiskusi untuk menentukan jawaban yang benar. Terdapat tahapan menentukan strategi untuk dapat memperoleh poin yang tinggi. Pada akhir permainan, siswa diberikan kesempatan untuk merefleksikan kegiatan yang telah dilakukan, informasi apa saja yang mereka dapat? Bagaimana pemahaman mereka terhadap materi? dan lain-lain. Siswa pun diberikan kesempatan untuk memberikan masukan terhadap proses permainan.

Alhamdulillah, melalui permainan ini siswa dapat lebih mudah memahami materi yang disampaikan, mereka pun terlihat antusias mempelajari materi secara mendalam sebelum mengaplikasikannya pada pembuatan benda kerajinan atau kegiatan praktik dengan lebih optimal.

Simak Video Berikut