PAPAN INTERAKTIF HIJAIYAH

11 Dec 2020 | Inovasi Media Ajar dari Anik Puspowati , Sekolah Alam Ar Ridho

Saya adalah fasilitator anak usia dini yang berumur 5-6 tahun. Murid saya sangat aktif bergerak, senang mengobrol dan senang bermain dalam kelompok.
Sebagai fasilitator anak usia dini, saya perlu untuk mengenalkan huruf Hijaiyah pada murid saya dengan benar namun tetap dalam aktivitas main yang menyenangkan. Aktifitas yang menggabungkan aspek perkembangan anak dan keseruan.
Tantangan saya selama ini adalah murid saya sering mengeluh bosan ketika kegiatan mengenal Hijaiyah ini. Anak-anak menjadi suka mengobrol sendiri dan sering lupa cara membunyikannya dengan benar. disamping itu mungkin juga karena durasi kegiatan yang cukup lama sekitar 30 menit setiap pagi.
Setelah belajar di Wardah Inspiring teacher, saya mencoba untuk membuat media pembelajaran yang interaktif, yaitu Papan Interaktif Hijaiyah. Saya membuat media ini setelah memahami profil dan kebutuhan murid-murid saya. Permainan ini semacam boardgame yang berisi huruf hijaiyah yang dimainkan secara berkelompok.
Murid-murid saya tertarik bermain dan saya sebagai guru mendampingi dan bisa mengamati perkembangan bacaan huruf murid-murid saya. mereka bisa bermain bersama sekaligus belajar mengenal dan mengucapkan bunyi huruf dengan benar. Saya senang sekali. Murid saya belajar hijaiyah dengan bahagia.