Media Pembelajaran Baca Puisi Berbasis Android

20 Nov 2021 | by Dewi Rosiani

Saya, guru Bahasa Indonesia. Saya terkadang dianggap ahli berbahasa dan bersastra. Kadang malah ada yang menganggap saya kamus berjalan. Setiap ada istilah baru, kadang saya ditanya dan kalau saya belum bisa menjawab tidak jarang muncul kalimat “Gimana sih, guru Bahasa Indonesia kok gak tahu” atau “guru Bahasa Indonesia saja tidak tahu, apalagi saya?” dan sebagainya.  Padahal, guru Bahasa Indonesia juga manusia. Semua ilmu belum tentu dikuasainya. Begitupun, ketika mengajarkan tentang sastra,

Tidak semua guru Bahasa Indonesia memiliki kemampuan bersastra yang baik. Khususnya dalam mengajarkan materi pembacaan puisi, tidak semua guru mampu memberikan contoh pembacaan puisi yang tepat. Begitu juga mungkin dengan saya. Begitupun dengan siswa, tidak semua siswa mampu membaca puisi dengan baik dan tepat. Dari pengalaman saya mengajar, banyak siswa yang masih belum percaya diri dan masih malu-malu dalam membaca puisi. Akibatnya kemampuan membaca puisi parasiswa masih di bawah rata-rata. Padahal, sebagai guru Bahasa Indonesia tentunya  ingin agar parasiswa memiliki kemampuan dan keterampilan membaca puisi yang bagus dan di atas rata-rata. Banyaknya lomba-lomba baca puisi juga menjadi peluang yang bagus bagi parasiswa untuk mengembangkan kemampuannya dalam membaca puisi. Kenyataannya, banyak siswa yang belum tertarik untuk membaca puisi secara maksimal dan optimal.  [1] 

Bagaimana agar anak tertarik dan dapat membaca puisi dengan baik dan tepat? Karena kenyataannya tidak semua guru mampu memberi contoh pembacaan puisi yang baik dan tepat. Termasuk juga mungkin saya.[2]  Mengatasi permasalahan tersebut, menurut saya, para siswa harus rajin berlatih, perlu diberi contoh-contoh pembacaan puisi, mungkin dari video youtube atau dari referensi lainnya. Selain itu, siswa perlu diberi pemahaman materi bagaimana membaca puisi yang menarik dan tepat, bagaimana teknik dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membaca puisi, tentunya dengan media dan metode mengajar yang tepat.

Strategi yang akan saya lakukan pada kesempatan ini adalah saya membuat media ajar yang interaktif tentang membaca puisi. Mengingat jaman semakin maju, dan mengingat semua sudah serba digital. Para siswa sebagai generasi milenial sudah sangat akrab dengan gawai. Oleh karena itu, saya mencoba membuat aplikasi media ajar membaca puisi berbasis android. Software menggunakan articulate storyline yang diubah ke bentuk apk sehingga bisa dishare ke siswa dan siswa dapat mendownload aplikasi tersebut di gawainya masing-masing. Siswa dapat belajar dari aplikasi tersebut di mana dan kapan saja. Dalam aplikasi tersebut terdapat tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, apersepsi, materi tentang Teknik membaca puisi, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membaca puisi, juga contoh pembacaan puisi juara nasional, serta evaluasi.

Ternyata siswa sangat tertarik belajar dengan media berbasis android. Siswa merasa itu adalah sesuatu hal yang baru. Belajar bagaikan bermain game di gawai. Siswa dapat  belajar mandiri dan mempelajari materi serta melihat contoh video pembacaan puisi juara nasional di aplikasi tersebut. Aplikasi tersebut, kini mempermudah siswa dalam belajar. Siswa lebih percaya diri dan tidak malu-malu lagi.  Akhirnya dengan selalu diberi motivasi dan bimbingan belajar, kemampuan membaca puisi mereka lebih meningkat.