Menyelesaikan Misi

12 Dec 2020 | Inovasi Media Ajar dari Puti Wulandari, SD Kayuringin Islamic School Bekasi

Profil Murid: Media pembelajaran ini dibuat untuk mendukung pembelajaran IPA pada murid kelas 6 SD. Murid sudah dapat menggunakan gawai dan laptop dengan baik, serta mengetahui keterampilan dasar penggunaan Ms. Power point.
Awal: Keadaan pandemi menuntut guru untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang bermakna bagi murid. Sebagai guru yang mengampu mata pelajaran IPA, penting untuk memahamkan murid bahwa setiap lini pembelajaran IPA memiliki hubungan erat dengan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu pembelajaran dan penugasan diberikan beragam mengikuti materi dan contohnya dalam kehidupan, mulai dari video conference (Zoom meeting), video youtube, menggambar, hingga percobaan,

Tantangan: Seluruh metode tersebut ternyata tidak mampu memberikan antusiasme belajar yang sama seperti saat tatap muka. Murid lebih menggunakan waktu untuk bermain permainan online dan media sosial.
Aksi: Menghadapi hal ini, saya membuat angket sederhana untuk mengumpulkan data harapan terhadap pembelajaran IPA, penugasan yang disukai, dan saran terhadap pembelajaran. Setelah itu, saya membuat permainan dengan Ms. Power Point yang dimainkan bersama secara daring (online) lewat Zoom Meeting dan Google Slides.
Pelajaran: Pelaksanaan pembelajaran dengan “Menyelesaikan Misi” ini, menyadarkan saya bahwa empati adalah tahapan penting saat menentukan strategi pembelajaran. Selain itu, seorang guru juga tidak boleh menyerah ketika strategi pembelajarannya belum mampu membuat perubahan, sehingga seorang guru harus terus belajar untuk menjadi lebih baik.