Penggunaan Media Quizizz Lesson Untuk Meningkatkan Interaksi dan Motivasi Belajar Kimia Peserta Didik Pada Materi Struktur Atom

19 Nov 2021 | by Ni Putu Ery Rosita Dewi, S.Pd., M.Pd

Sebagai seorang guru sudah sepatutnya kita memiliki kemampuan dalam hal melaksanakan proses pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Kondisi dan situasi yang terjadi di lingkungan sekitar juga perlu diperhatikan sebagai salah satu komponen yang berpengaruh dalam sebuah proses pembelajaran. Kondisi saat ini yang sama-sama kita alami bersama yaitu situasi pandemi ternyata sangat mempengaruhi proses pembelajaran di sekolah dimana peserta didik sebagian besar melaksanakan pembelajaran secara daring. Salah satu hal yang menjadi kendala dalam pembelajaran daring adalah kurangnya interaksi antara guru dan peserta didik. Saya sebagai guru kimia juga mengalami kesulitan ketika mengajarkan konsep-konsep kimia yang kebanyakan bersifat abstrak.

Sebagai guru Kimia saya memiliki keinginan agar peserta didik saya semangat dan antusias dalam belajar kimia. Peserta didik dapat memahami materi kimia yang abstrak melalui gambar-gambar yang menarik serta diselingi dengan interaksi berupa kuis/pertanyaan sehingga mereka memperhatikan dan fokus pada materi yang saya sampaikan. Saya merasa khawatir jika peserta didik kurang antusias dan kurang tertarik dengan materi kimia yang saya ajarkan. Pada umumnya peserta didik merasa sedikit bosan dengan pembelajaran daring yang monoton. Mereka kesulitan dalam memahami materi kimia yang sebagian besar bersifat abstrak khususnya pada materi struktur atom. Walaupun guru memberikan modul atau video pembelajaran, peserta didik merasa kurang ada interaksi antara guru dan peserta didik sehingga mereka menjadi kurang semangat dalam belajar. Kendala yang saya hadapi adalah bagaimana cara menyajikan pembelajaran daring supaya tetap menarik, kreatif, dan interaktif. 

Melihat situasi tersebut saya mulai memikirkan satu hal yang mungkin dilakukan untuk memotivasi peserta didik dalam belajar kimia. Saya mencoba menggunakan quizizz lesson dalam pembelajaran baik secara langsung (melalui vicon) ataupun memberikan secara tidak langsung (homework) dalam LMS (google classroom). Saya memilih quizizz karena pada awal pembelajaran saya sempat memberikan kuisioner sederhana kepada peserta didik tentang cara belajar yang mereka sukai. Sebagian besar mengatakan mereka suka belajar sambil diberikan game atau kuis sehingga tidak bosan. Saya membuat quizizz lesson pada materi struktur atom dimana karakteristik materi ini bersifat abstrak dan memerlukan banyak gambar. Dengan memadukan konsep/materi dengan kuis ataupun pertanyaan survey peserta didik menjadi lebih fokus dan tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. Respon siswa sangat bagus dimana mereka merasa termotivasi dan lebih semangat dalam belajar kimia. Quizizz lesson ini menjadi lebih maksimal penerapannya jika diberikan secara langsung (melalui video conference) karena interaksi akan lebih bagus serta diskusi juga lebih terarah.

Setelah mencoba penerapan quizizz lesson ini ternyata peserta didik menjadi antusias dan termotivasi dalam belajar kimia. Mereka tidak lagi bosan karena media ini memfasilitasi mereka dalam berinteraksi seperti menjawab kuis secara langsung ataupun mengisi survey yang diberikan gurunya. Jadi perpaduan antara penjelasan materi dan aktivitas pada quizizz lesson memberikan dampak yang cukup baik pada peserta didik. Setelah saya melihat hasil kuis yang mereka kerjakan ternyata hasilnya cukup bagus. Mereka juga bisa melakukan pengulangan dalam mengerjakan kuis sehingga hal ini secara tidak langsung membuat mereka belajar secara mandiri dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang materi tersebut. Hal yang bisa dikembangkan lebih jauh dari strategi ini adalah pemilihan sumber baik berupa gambar, video, atau audio yang lebih menarik dan tidak melupakan esensi materi tersebut. Pemilihan ice breaking, pertanyaan pemandu, dan estetika juga bisa kita kembangkan lebih baik sehingga semakin menarik perhatian peserta didik dengan media yang kita gunakan.


Simak Video Pemaparan Ibu Ni Putu Ery Rosita Dewi