Serunya Interaksi dengan GeoGebra Classroom di Masa Pandemi

19 Nov 2021 | by Sri Ningsih Setyo Utami

Indikasi suatu pembelajaran berhasil diantaranya adalah tujuannya tercapai. Apalagi jika tujuan tersebut tercapai dengan disertai rasa yang seru dan menyenangkan, baik bagi guru dan murid tentunya. Itulah salah satu tujuan saya sebagai guru matematika dalam pembelajaran, untuk dapat mengondisikan murid belajar dengan antusias, terjalin interaksi, rasa yang tidak membosankan, apalagi menakutkan. Biasanya jika pembelajaran berlangsung tatap muka, saya akan sesekali bercanda sekaligus mengajak murid untuk dapat tertarik dan mengikuti proses pembelajaran. Namun, dalam kondisi pandemi saat ini, untuk mengajak mereka tertarik merupakan suatu hal yang tidak mudah.

Pembelajaran di masa pandemi dilakukan dengan moda daring. Kebiasaan baru belajar secara virtual memerlukan usaha yang luar biasa, baik dari segi materi maupun mental. Dari segi akses internet, di sekolah kami untungnya bukan menjadi suatu kendala. Namun, menarik minat murid untuk di depan layar mereka selama beberapa waktu, apalagi matematika merupakan hal yang sangat menantang. Sebagai guru, kita tidak hanya bisa berceramah di depan layar, apalagi terkait dengan materi yang abstrak. Kita tidak bisa melihat langsung, bagaimana reaksi dan tanggapan mereka terhadap materi yang disampaikan. Paham tidaknya materi yang sedang dibahas, sangat sulit untuk mendeteksinya saat proses pembelajaran berlangsung. Diperlukan suatu cara agar sebagai guru, kita dapat melihat proses pembelajaran, layaknya saat pertemuan tatap muka di sekolah.

Applet GeoGebra, aplikasi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Aplikasi berbasis web ini sangat menguntungkan karena tidak perlu untuk mengunduhnya. Dengan applet GeoGebra, saya dapat membuat kegiatan berbasis aktivitas. Saya membuat applet GeoGebra ini menjadi sebuah lesson mode, sehingga murid dapat login dan terkumpul dalam suatu kelas, yaitu GeoGebra Classroom. Layaknya kelas tatap muka, saya dapat melihat sejauh mana murid menyelesaikan tahapan-tahapan aktivitas yang sudah dirancang. Aktivitas yang diberikan diantaranya berupa sekilas pengantar suatu topik, dimulai dengan permasalahan kontekstual singkat. Aktivitas selanjutnya mulai dihubungkan dengan topik pembelajarannya, disertai dengan sebuah contoh dan latihan untuk mengetahui pemahaman dan pendapat mereka tentang topik tersebut. Aktivitas pada GeoGebra Classroom, diusahakan tidak padat, ditujukan untuk menimbulkan minat dan pertanyaan-pertanyaan yang nantinya didiskusikan saat sesi sinkron. Tautan ke kelas tersebut diberikan beberapa hari sebelum sesi sinkron dimulai (sesi asinkron). 

GeoGebra Classroom ditujukan untuk melihat pemahaman konsep yang diperoleh murid. Menyediakan pertanyaan dengan jawaban yang tidak tunggal, pertanyaan benar salah, sudah tepat atau ragu-ragu, dan pertanyaan untuk berpendapat. Selain itu, dengan aplikasi ini saya dapat membuat grafik interaktif, dimana mereka bisa menggeser, menggerakkan sampai diperoleh grafik yang tepat dan muncul pesannya. 

Saat sesi sinkron dimulai, melalui video conference (vidcon) melihat bersama-sama bagaimana hasil yang sudah dikerjakan, membaca pendapat satu sama lain, menciptakan rasa ingin tahu apa jawaban dan pendapat dari teman yang lainnya. Dari hal tersebut, guru mempunyai modal yang sangat besar untuk dapat menjalani proses pembelajaran yang aktif disertai diskusi satu sama lainnya terkait jawabannya pada GeoGebra Classroom. Pembahasan lebih dalam dilakukan untuk hal yang masih ragu, tidak membosankan karena sesuai dengan pemahaman yang mereka dapatkan. Dalam melaksanakan strategi ini, guru diharapkan memotivasi agar mereka mempunyai keinginan untuk membuka dan mencoba GeoGebra Classroom. Selalu memberikan semangat untuk belajar dan bersekolah dengan semaksimal mungkin, demi masa depan pendidikan yang lebih baik. Terimakasih.