Menulis Teks Prosedur Menggunakan Canva

19 Nov 2021 | by Aris Surjanti

Keterampilan menulis bukanlah hal yang mudah bagi murid. Membutuhkan proses panjang dan pengalaman terus menerus dalam berlatih. Dalam pembelajaran Bahasa Inggris, menulis menjadi hal yang paling sulit. Murid masih harus memikirkan kosa kata yang tepat dan juga tata bahasa yang benar. Belum lagi ditambah dengan kurang menariknya kegiatan menulis yang disajikan oleh guru. Murid malas mengikuti pembelajaran yang banyak dilakukan guru dengan cara ceramah dan merasa jenuh dengan penugasan yang hanya berdasarkan lembar kerja murid. Dampak dari pembelajaran tersebut bisa terlihat dari hasil penilaian keterampilan menulis di SMP Negeri 1 Teluk Bayur. Murid mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal pada kompetensi dasar keterampilan menulis. Salah satunya pada materi teks prosedur.

Salah satu aplikasi yang mendukung untuk pembelajaran pada keterampilan menulis adalah aplikasi Canva. Canva adalah alat untuk desain grafis yang menjembatani penggunanya agar dapat dengan mudah merancang berbagai jenis desain kreatif secara daring. Selama ini saya menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada guru dalam mengajar. Aktivitas guru jauh lebih besar dibandingkan dengan murid dan kurang terkait dengan kehidupan sehari-hari. Guru tidak memberikan pembelajaran yang bermakna karena murid hanya mendengarkan, mencatat dan menghafal, sehingga murid tidak aktif dan kreatif. Maka dari itu saya memilih untuk menerapkan suatu model pembelajaran yang lebih efektif untuk disajikan sesuai dengan bentuk materi yang akan disampaikan. Salah satu model pembelajaran yang cocok dalam pembelajaran Bahasa Inggris adalah project based learning. Model pembelajaran ini melibatkan murid dalam kegiatan pemecahan masalah, memberikan peluang bagi murid bekerja secara otonom, menghasilkan produk karya murid yang bernilai, menumbuhkan sikap belajar murid yang lebih disiplin dan dapat membuat murid lebih aktif dan kreatif dalam belajar. 

 Pembelajaran ini saya awali pada tahap pertama dengan menyampaikan topik dan mengajukan pertanyaan bagaimana cara membuat teks prosedur. Kemudian pada tahap kedua saya memberikan contoh pembuatan teks prosedur menggunakan aplikasi Canva dan memastikan setiap murid mengetahui langkah-langkah pembuatan teks prosedur dengan Canva. Pada tahap ketiga saya dan murid membuat kesepakatan tentang jadwal pembuatan teks prosedur yang terdiri dari tahapan-tahapan dan batas waktu pengumpulan hasil proyek. Pada tahap keempat saya memantau keaktifan murid selama membuat teks prosedur, memantau realisasi perkembangan dan membimbing jika mengalami kesulitan. Pada tahap kelima saya berdiskusi dengan murid tentang struktur  dan kosa kata teks prosedur yang telah dibuat, memantau keterlibatan murid, dan mengukur ketercapaian standar penulisan. Pada tahap terakhir, saya membimbing proses pemaparan teks prosedur, menanggapi hasil, dan merefleksi hasil proyek para murid.

Proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran project based learning menggunakan aplikasi Canva berhasil meningkatkan hasil belajar murid dengan tercapainya nilai rata-rata kelas 91% dan nilai ketuntasan klasikal 100 % pada kompetensi keterampilan menulis teks prosedur. Secara kuantitatif, penggunaan model pembelajaran project based learning  berhasil meningkatkan minat dan hasil belajar murid. Setelah murid berhasil menyelesaikan proyek, mereka merasa lebih percaya diri dan lebih termotivasi dalam kegiatan menulis teks. Mereka juga menjadi tertarik untuk mencoba menulis jenis teks yang lain dengan menggunakan aplikasi Canva. Saya sebagai guru yang telah membimbing proyek ini juga merasa bangga akan peningkatan hasil belajar yang diraih para murid dalam menulis teks prosedur. Setelah berhasil menerapkan model pembelajaran project based learning dengan media aplikasi Canva ini, akhirnya saya menyadari bahwa semua murid sebenarnya mempunyai potensi untuk berhasil dalam kegiatan belajarnya, jika mereka diberi kesempatan belajar dengan penerapan metode, model, media yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan para murid. 


Simak Video Pemaparan Ibu Aris Surjanti