Media Video Pembelajaran Menjadi Solusi dalam Pengajaran

01 Dec 2021 | by Ilis Yuliani, S. Pd.

Sebagai seorang guru saya sangat berharap murid – murid  yang saya ajar dapat memahami materi pelajaran dan antusias dalam belajar. Harapan terbesar yang mungkin saja dirasakan juga oleh teman – teman guru yang lain. Setiap memulai pengajaran banyak hal yang saya persiapkan, seperti halnya rencana pelaksanaan pembelajaran, materi pelajaran dan media pembelajaran yang sebisanya saya buat. Saya begitu antusias berbagi ilmu dengan murid – murid, saya merasa senang jika murid – murid pun merasakan hal yang sama dengan saya. dalam tulisan ini, saya akan berbagi praktik baik pengajaran pada saat menyampaikan materi Menelaah Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi. Tujuan pembelajaran materi Menelaah Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi ini adalah agar murid – murid dapat berbahasa dan menggunakan bahasa dengan tepat pada teks deskripsi.

Tujuan pembelajaran tidak selamanya dapat tuntas dengan  hasil yang diharapkan, ada banyak kendala yang dihadapi. Murid – murid yang saya ajar ternyata sulit sekali memahami materi Menelaah Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi tersebut. Beberapa cara telah saya lakukan dalam mengajarkan materi, contohnya menjelaskan dengan rinci bagian per bagian. Sayangnya apa yang sudah saya lakukan tersebut tidak berjalan dengan baik,  murid – murid terlihat tidak fokus dan banyak juga murid yang malah sibuk dengan dunianya sendiri. Murid - murid lebih banyak mengobrol dan kelihatan tidak antusias dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Sebagai seorang guru saya merasa tertantang dengan yang telah terjadi pada murid – murid saya tersebut, saya berpikir mungkinkah ada yang salah dengan cara mengajar saya. Pada saat menjelaskan materi  Penggunaan bahasa pada teks deskripsi sepertinya murid – murid saya itu tidak tertarik terkesan merasa bosan, akhirnya murid tidak mampu menjawab soal – soal yang saya tugaskan.

“ Banyak jalan menuju Roma “ merupakan pepatah yang menggambarkan bahwa untuk bisa meraih sesuatu sepatutnya tidak terpaku pada satu cara ( penelusuran Google). Saya mencoba memahami apa yang terjadi pada murid – murid ? apa kendala yang mereka hadapi dalam memahami materi penggunaan bahasa pada teks deskripsi? Dan mengapa murid - murid tidak fokus, juga tidak antusias menerima materi pelajaran tersebut?. Kemudian saya menanyakan kepada murid – murid apakah mereka suka bermain handphone? Mereka serentak menjawab suka sekali katanya.  Pada saat di rumah murid - murid memang lebih banyak bermain handphone dan membuka video – video di aplikasi youtube, akhirnya saya pun memulai aksi saya untuk membuat video pembelajaran dan membagikannya di youtube kemudian link youtube tersebut dibagikan juga kepada murid – murid untuk ditonton pada saat pembelajaran daring.

Awalnya saya sangat merasa kesulitan dalam membuat video pembelajaran, tapi demi murid – murid saya berusaha untuk belajar, seperti halnya menonton tutorial membuat media video pembelajaran dan mengikuti kelas kelas online cara membuat video pembelajaran. Bersyukur sekali saya pun mendapat kesempatan untuk belajar bersama Wardah Inspiring Teacher 2021 dan lebih memantapkan saya dalam membuat video pembelajaran. Dari Wardah Inspiring Teacher 2021 saya belajar bagaimana membuat video pembelajaran dengan baik. Diawali dengan membuat peta empati, mendefinisikan masalah, mengimajinasikan ide dan merancang media pembelajaran. 

Setelah video pembelajaran dibuat saya terlebih dahulu menguji cobakan video, kemudian membagikan link youtube dan menugaskan anak – anak untuk belajar di  rumah dengan bantuan video tersebut. Respon yang luar biasa, murid – murid banyak yang tertarik dan mereka membuktikan antusiasnya dalam mempelajari penggunaan bahasa pada teks deskripsi. Hasilnya murid lebih mudah memahami dan belajar dengan menggunakan media video. Belajar melalui video lebih menarik dan tidak membosankan katanya. Imbasnya murid pun dapat menerapkan hasil belajarnya dalam mengisi tugas tugas Menelaah Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi dengan baik.

Simak video pembelajaran disini