Puzzle Sejarah

11 Dec 2020 | Inovasi Media Ajar dari Sudarmi, SMK Negeri 13 Kota Bandung

Profil Murid : Aktif, cepat bosan, suka main Hp, kurang semangat

Awal : Sebagai seorang guru saya memiliki keinginan dan harapan agar murid-murid bersemangat dan senang mengikuti pembelajaran Sejarah di kelas. Dengan demikian tujuan pembelajaran Sejarah agar murid mampu memahami dan menganalisis berbagai tokoh dan peristiwa Sejarah dapat tercapai.

Tantangan : Murid-murid terlihat bosan dan tidak tertarik untuk menyimak materi saat pembelajaran berlangsung sehingga akibatnya kebanyakan murid di kelas lebih suka mengobrol dengan temannya.Dengan memanfaatkan kebiasaan murid yang suka mengobrol dan bercerita dengan temanya saat pembelajaran berlangsung , maka saya ubah strategi mengajar dengan memanfaatkan puzzle sebagai media pembelajaran di kelas.

Pelajaran : Dan ternyata murid-murid antusias dalam menyusun puzzle, mereka rame untuk mengemukakan ide dan mencari referensiserta bekerja sama untuk menceritakan kembali peristiwa sejarah yang tergambar dari Puzzle. Hasil refleksi menyatakanbahwa mereka senang, tertarik, tidak bosan lagi. dan bahkan meminta saya untuk mengulang kembali penggunaan puzzledengan peristiwa dan tokoh yang berbeda pada materi yang lain