"Penggabungan Kreasi (Keragaman Aplikasi) Quizizz dan Wordwall sebagai Media Pembelajaran Unsur Lingkaran."

12 Dec 2020 | Inovasi Media Ajar dari Fitriana, SDN TUGU UTARA 05

"Murid kelas VI.A, SDN Tugu Utara 05. Jakarta Utara. Terdiri dari 30 anak dengan jumlah anak perempuan 12 dan anak laki-laki 18 anak. Sebagian besar peserta didik saya mampu menggunakan gawai dengan baik, mereka memiliki akun media social seperti FB, IG, dan Tiktok. Mereka juga terbiasa bermain game online. Saat ini peserta didik saya mengalami kesulitan dalam PJJ terutama untuk mapel Matematika. Dan saat ini materi Matematika yang sedang dipelajari yaitu Unsur-unsur Lingkaran yang bersifat abstrak bagi peserta didik saya. 

Konsep dalam menghadirkan pembelajaran jarak jauh yang bermakna dan menyenangkan bagi para murid harus saya lakukan, maka yang menjadi fokus awal yaitu pada kebutuhan murid. Saya menggali informasi terkait kondisi murid sebelum melaksanakan pembelajaran untuk mengetahui kebutuhan murid dan kondisi mereka. Informasi tersebut saya jaring dengan menyebar Kuisioner Kesiapan Belajar Kelas VI.A SDN Tugu Utara 05 dalam bentuk Google Form dengan link berikut  https://forms.gle/4eTzBENjqsqbRW629. Kesimpulan dari hasil kuisioner tersebut yang menjadi masalah utama untuk segera ditindak lanjuti yaitu tingkat kejenuhan murid dan kebosanan murid yang sudah hampir 5 bulan belajar dari rumah, murid saya lebih suka mata pelajaran selain matematika dan menganggap matematika itu sulit. Murid saya tidak suka atau melewatkan penjelasan tentang materi matematika dalam bentuk video pembelajaran, belum lagi keterbatasan kuota mereka sehingga sering melewatkan video dari Youtube.

Saya mulai mencari cara untuk mengatasi tantangan dan kendala tersebut yaitu saya memanfaatkan kesukaan murid saya yang senang bermain game melalui Hp. Saya memilih penggabungan aplikasi berbasis web yaitu Quizizz dan Wordwall. Melalui aplikasi ini murid saya dapat memainkan game matematika secara daring dengan cara yang menyenangkan. Setiap murid hanya perlu mengakses website tersebut melalui Hp mereka masing-masing.

Alhamdulillah ketika pertama kali diterapkan saya sibuk menjawab kebingungan mereka mengakses Quizizz dan Wordwall, namun setelah itu murid – murid saya merasa tertantang dan menyebutnya seru hingga meminta setiap hari ada Quizizz dan Wordwall. Penggunaan Quizizz dan Wordwall di kelas saya membuat sebuah perubahan yaitu  keaktifan dan pemahaman murid saya menjadi meningkat.

" "Murid kelas VI.A, SDN Tugu Utara 05. Jakarta Utara. Terdiri dari 30 anak dengan jumlah anak perempuan 12 dan anak laki-laki 18 anak. Sebagian besar peserta didik saya mampu menggunakan gawai dengan baik, mereka memiliki akun media social seperti FB, IG, dan Tiktok. Mereka juga terbiasa bermain game online. Saat ini peserta didik saya mengalami kesulitan dalam PJJ terutama untuk mapel Matematika. Dan saat ini materi Matematika yang sedang dipelajari yaitu Unsur-unsur Lingkaran yang bersifat abstrak bagi peserta didik saya. 

Konsep dalam menghadirkan pembelajaran jarak jauh yang bermakna dan menyenangkan bagi para murid harus saya lakukan, maka yang menjadi fokus awal yaitu pada kebutuhan murid. Saya menggali informasi terkait kondisi murid sebelum melaksanakan pembelajaran untuk mengetahui kebutuhan murid dan kondisi mereka. Informasi tersebut saya jaring dengan menyebar Kuisioner Kesiapan Belajar Kelas VI.A SDN Tugu Utara 05 dalam bentuk Google Form dengan link berikut  https://forms.gle/4eTzBENjqsqbRW629. Kesimpulan dari hasil kuisioner tersebut yang menjadi masalah utama untuk segera ditindak lanjuti yaitu tingkat kejenuhan murid dan kebosanan murid yang sudah hampir 5 bulan belajar dari rumah, murid saya lebih suka mata pelajaran selain matematika dan menganggap matematika itu sulit. Murid saya tidak suka atau melewatkan penjelasan tentang materi matematika dalam bentuk video pembelajaran, belum lagi keterbatasan kuota mereka sehingga sering melewatkan video dari Youtube.

Saya mulai mencari cara untuk mengatasi tantangan dan kendala tersebut yaitu saya memanfaatkan kesukaan murid saya yang senang bermain game melalui Hp. Saya memilih penggabungan aplikasi berbasis web yaitu Quizizz dan Wordwall. Melalui aplikasi ini murid saya dapat memainkan game matematika secara daring dengan cara yang menyenangkan. Setiap murid hanya perlu mengakses website tersebut melalui Hp mereka masing-masing.

Alhamdulillah ketika pertama kali diterapkan saya sibuk menjawab kebingungan mereka mengakses Quizizz dan Wordwall, namun setelah itu murid – murid saya merasa tertantang dan menyebutnya seru hingga meminta setiap hari ada Quizizz dan Wordwall. Penggunaan Quizizz dan Wordwall di kelas saya membuat sebuah perubahan yaitu  keaktifan dan pemahaman murid saya menjadi meningkat."