Menyenangkan dan Aktif dengan PJJ Kombinasi

20 Nov 2021 | by Safitri Setyowati

Pada tahun ajaran 2021/2022, pembelajaran jarak jauh masih diperpanjang. Permasalahan muncul setelah sharing dan survei dengan orang tua serta peserta didik. Ditemukan bahwa seluruh siswa sudah jenuh ada di rumah dengan pembelajaran jarak jauh. Siswa tidak aktif lagi dalam pembelajaran, terbukti dengan banyak tugas yang tidak dikumpulkan. Hal tersebut terjadi pada materi Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup pada siswa kelas 3 sekolah dasar yang melibatkan 33 siswa. 

Sehingga untuk meningkatkan keaktifan siswa ialah berupa strategi pembelajaran jarak jauh kombinasi. Kombinasi yang dimaksud yaitu perpaduan antara daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan). Pembelajaran daring dengan koordinasi melalui grup whatsapp dan pemaparan video pembelajaran di channel youtube guru. Kemudian pembelajaran luring dengan berkegiatan melalui pengamatan atau wawancara di rumah, hasil kegiatannya dalam bentuk foto, video, atau lembar kerja yang dikirimkan. Di sini pendidik membuat media pembelajaran berupa video pembelajaran lengkap dengan stimulan aktivitas kegiatan yang akan dilakukan siswa di lingkungan rumah. 

Kegiatan strategi pembelajaran jarak jauh kombinasi tersebut dilaksanakan dalam beeberapa tahapan kegiatan sebagai berikut: (1) tahap perencanaan yaitu menyiapkan lembar observasi, menyusun video pembelajaran sesuai tema, dan menyusun kegiatan siswa berupa pengamatan atau wawancara di rumah, (2) tahap pelaksanaan yaitu memberikan link video pembelajaran di channel youtube guru melalui whatsapp grup, menginstruksikan untuk menyimak link video pembelajaran, dan memberikan keterangan kegiatan siswa sesuai contoh stimulus dalam video pembelajaran, (3) tahap observasi yaitu melihat bukti foto siswa saat menyimak video pembelajaran dan mengamati hasil kegiatan siswa baik pengamatan atau wawancara, (4) refleksi dengan meninjau kembali kegiatan yang dilakukan untuk dinilai perubahan yang terjadi pada peserta didik.

Pada Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan, di share media video pembelajaran ke siswa. Selanjutnya di akhir video ada rancangan kegiatan selama di rumah. Untuk memahami pertumbuhan dan perkembangan manusia, peserta didik membuka foto dirinya masing-masing dari bayi hingga saat ini. Kegiatan yang dilakukan tersebut menyenangkan bagi siswa dan keluarga. Selain melihat pertumbuhan diri dari foto, juga tercipta kebersamaan keluarga dari kegiatan tersebut. Cerita dan diskusi menarik berlanjut mengenai peristiwa dalam setiap foto. 

Pada hari selanjutnya peserta didik melakukan kegiatan lain terhadap tumbuhan atau hewan di lingkungan rumah. Siswa mengamati beragam hewan yang ada di lingkungan rumah. Ada yang mengamati hewan peliharaan ataupun hewan ternaknya. Beragam jenis hewan diamati, seperti ikan, burung, sapi, ayam, kucing, bebek, dan kura-kura. Dari beragam hewan tersebut para peserta didik belajar tentang pertumbuhan dan perkembangan hewan yang diamati. Begitu pula pada tumbuhan, pengamatan dilakukan pada tanaman buah, sayuran, tanaman hias, maupun pohon. Para siswa sudah keluar dari rasa bosan dengan melakukan berbagai macam kegiatan dan kebersamaan di lingkungan rumah.

Metode pembelajaran jarak jauh kombinasi dapat meningkatkan keaktifan siswa pada masa pandemi, pencegahan dan penyebaran Covid-19 pada mata pelajaran tematik Kelas 3 SD. Peningkatan keaktifan siswa terjadi karena siswa senang dengan berkegiatan melalui pengamatan dan wawancara dalam kegiatan belajar. Siswa bisa terlepas dari rasa jenuh dan bisa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran yang bersifat memberi banyak pengetahuan yang berdampak pada hasil belajar. 

Simak Video Pemaparan Ibu Safitri Setyowati