Pengenalan Jam, Menit, dan Detik

20 Nov 2021 | by Astina

Peraga Jam

Saat ini saya mengajar mata pelajaran Tematik 1 di kelas 2 dan materi yang saya ajarkan memasuki materi tentang pengenalan jam. Materi ini merupakan materi baru bagi siswa saya terlebih dengan penempatan jarum jam dan cara membaca jam dan menitnya serta cara penulisan waktu yang benar.

Awalnya, siswa saya sangat sulit menentukan letak jarum panjang dan jarum pendek untuk penentuan waktu di atas jam 12 siang, misalnya pukul 13.00, 23.00, dan sebagainya. Siswa saya juga terkadang bingung dengan penentuan menit misalnya, 13.14, 23.26 dan sebagainya. Siswa terkadang lebih mudah memahami penentuan waktu yang jarum panjangnya tepat di angka 12 misalnya 01.00, 02.00 dan sebagainya. Terlebih di saat kondisi pandemi seperti sekarang ini, saya harus memutar otak agar siswa bisa memahami materi yang saya sampaikan. 

Akhirnya saya berinisiatif membuat alat peraga jam yang berbeda dengan jam pada umumnya. Peraga yang saya buat sudah dilengkapi dengan angka diatas jam 12 siang, serta terdapat angka yang menunjukkan menit.

Sebelum saya gunakan saat mengajar, terlebih dahulu saya uji coba ke anak-anak dekat rumah dan ternyata mereka sangat senang dan mengatakan ternyata belajar jam itu mudah karena sebelumnya mereka pernah mempelajari di sekolahnya namun mereka sulit memahami. Namun setelah menggunakan alat peraga yang saya buat, mereka lebih mudah memahami, hanya saya ada sedikit saran dari anak-anak tersebut, tulisan angka pada peraga saya harus lebih besar ukurannya, agar bisa terlihat lebih jelas. 

Saya pun mengubah ukuran tulisan dari peraga saya itu dan memperlihatkan kembali kepada anak-anak dekat rumah saya dan Alhamdulillah mereka mengatakan tulisannya sudah bagus. Setelah melakukan uji coba, saya lalu menggunakan alat peraga saya di kelas saat mengajar Tematik 1 meski pembelajaran dilakukan secara online.

Pertama saya memperlihatkan peraga tersebut, anak-anak sangat antusias dan bertanya-tanya cara penggunaannya. Karena melihat anak-anak sudah penasaran, saya menjelaskan satu persatu tentang alat peraga tersebut. Dimulai dengan waktu yang dituliskan di dalam kartu, setelah itu, mengajarkan cara penempatan jarum panjang dan jarum pendek sesuai waktu yang ditunjukkan dalam kartu. 

Setelah menjelaskan, saya meminta seorang siswa untuk memilih satu kartu. Karena dilakukan secara online, siswa tidak menggerakkan secara langsung jarum jamnya, melainkan menyebutkan letak jarum pendek dan jarum panjangnya. Tugas saya adalah menempatkan jarum panjang dan jarum pendek sesuai dengan yang disebutkan oleh siswa. Siswa pertama yang menggunakan alat peraga tersebut Alhamdulillah langsung bisa memahami. Selanjutnya siswa kedua, awalnya sempat mengalami kendala dalam penentuan menit, namun setelah dijelaskan kembali, siswa yang kedua ini akhirnya bisa memahami dan mampu menentukan letak jarum panjang dan jarum pendek dengan benar. Siswa selanjutnya Alhamdulillah bisa memahami dengan cepat.

Dengan alat peraga yang menarik, siswa terlihat sangat antusias mengikuti pelajaran, dan yang lebih penting, siswa mampu memahami pelajaran dengan cepat. Belajar yang menyenangkan tentu akan membuat siswa mampu menyerap pelajaran dengan baik.


Simak Video Pemaparan Ibu Astina