Serunya Belajar dengan Bermain Board Game Tematik Rantai Materi

25 Nov 2021 | by Merry Madillia

Serunya Belajar dengan Bermain Board Game Tematik Rantai Materi


Sebagai guru saya memiliki keinginan murid-murid saya mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran yang diharapkan saat ini adalah menerapkan merdeka belajar, Dengan adanya kemerdekaan ini diharapkan adanya kemandirian murid dalam proses belajar dan kemerdekaan bagi lingkungan Pendidikan untuk menentukan sendiri cara terbaik dalam proses Pembelajaran. Murid yang antusias dalam melaksanakan semua kegiatan pembelajaran dapat merupakan indikasi terciptanya pembelajaran yang menyenangkan . Dalam aspek pengetahuan, biasanya saya sebagai guru melaksanakan kegiatan tanya jawab tentang materi kepada murid-murid dengan tujuan melihat sejauh mana pemahaman materi yang baru saja dipelajari. Kegiatan ini diharapkan membantu murid untuk mencapai tujuan pembelajaran, dengan cara yang menyenangkan tanpa adanya kegiatan formal yang sifatnya penilaian.


Guru melakukan aktivitas tanya jawab dengan murid tentang materi yang sudah disampaikan, namun kenyataannya,banyak murid yang belum aktif menjawab. Murid yang sama lagi yang terlibat aktif menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, sedangkan murid yang lain hanya menyimak saja.Ada yang merasa bosan, ada yang karena tidak tahu jawabannya. Sehingga tujuan kegiatan ini tidak tercapai,karena tidak semua murid terlibat sehingga guru tidak bisa melakukan refleksi bagaimana ketercapaian pembelajarannya.


Saya selaku guru mulai menganalisis, ternyata banyak sebagian murid yang merasa bosan dan tidak tertarik.  Pada usia saat ini mereka mengharapkan adanya unsur permainan dalam belajar. Saya mulai mencari cara untuk memenuhi keinginan murid-murid saya. Akhirnya Saya menerapkan kegiatan pemantapan materi dengan cara bermain Rantai Materi. Permainan ini berupa games kompetisi secara kelompok. Permainan ini bisa dimainkan melalui beberapa tingkatan. pada tahap lanjutan, murid akan dilibatkan langsunguntuk membuat kartu soalnya. Kartu-kartu tersebut akan dimainkan oleh kelompok yang lain.


Permainan Board Game ini merupakan permainan tematik, yang memuat beberapa muatan Pelajaran. Dalam Board Game yang saya siapkan untuk murid-murid kali ini memuat tiga muatan pembelajaran yaitu PPKn. IPA dan Matematika. Muatan IPA nya tentang adaptasi Hewan dan Tumbuhan, Muatan PPKn nya adalah tentang kerjasama dan persatuan, dan muatan Matematika nya adalah tentang Bilangan Bulat.Papan permainan ini dibuat dengan menggunakan papan yang terdiri atas bagian Bok soal, papan hasil rantai kartu tiap kelompok, bok pint dan papan reward, atau papan hasil poin yang dicapai tiap kelompok.


Pada tahap awal mereka mengambil kartu soal secara bergiliran, dari raut wajahnya yang gembira dan sambil bercanda sudah menandakan mereka antusias memainkan permainan ini. Setelah semua peserta mengambil kartu soal, mereka langsung bergerak dan mencari teman yang memiliki warna kartu yang sama sehingga otomatis terbentuk beberapa kelompok. Mereka saling mengecek dan bertanya serta melihat kartu temannya masing-masing sehingga terciptalah sikap kerjasama dan persatuan. Ada bebrap murid yang diam dan pasif akhirnya mersa tertantang untuk mendekati dan bertanya ke temannya maka terjadilah interaksi antar murid.


Selama permainan, murid sangat antusias karena tanpa mereka sadari mereka mendapatkan penguatan pengetahuan, adanya pegulangan materi dengan permainan membantu tercapainya tujuan pembelajaran. Perubahan yang dirasakan setelah melakukan permainan ini adalah murid merasa senang belajaranya, tanpa ada beban dengan kegiatan penguatan yang monoton. Tercipta interaksi antar murid dan adanya rasa tanggung jawab, kerjasama dan persatuan.


Simak Video Pemaparan Berikut