Pemanfaatan Video Pembelajaran untuk pembelajaran yang menyenangkan

19 Nov 2021 | by Anijar Hapni Siregar, S.Pd.

Sebagai guru saya berkewajiban membuat murid-murid saya bisa semangat dalam belajar, dimana dengan semangat yang dimiliki murid tersebut maka tujuan pembelajaran dapat terlaksana. Untuk mewujudkannya diperlukan pembelajaran yang menyenangkan bagi murid baik dalam kelas maupun dalam jaringan (Daring). Adapun esensi dari kata “pembelajaran menyenangkan” tentu pembelajaran yang harus sesuai dengan kodrat zamannya murid. Adapun kodrat zamannya murid saat ini yaitu pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi yang disukai oleh murid, yang sekarang berada pada generasi yang kita sebut generasi Z yang tak lain adalah generasi dengan perkembangan teknologi digital dimana murid yang berada pada generasi ini mengenal dunia dengan media sosial (smartphone).


Dalam mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan bagi murid saya mengalami kesulitan dikarenakan kebutuhan murid yang beragam. Untuk itu saya melakukan coaching dengan murid saya terkait bagaimana pembelajaran yang menyenangkan menurut pendapat murid. Akhirnya saya mengetahui bahwa murid yang berada pada generasi Z ini merasa senang belajar dengan video pembelajaran dikarenakan sesuai dengan minat, bakat dan kebutuhan murid yang tak lain yaitu menonton video, mendengarkan lagu serta melihat gambar. 

Dari coaching tersebut saya dapat memetakan minat, bakat dan kebutuhan murid dalam belajar yaitu pemanfaatan video, lagu dan gambar. Dengan peta minat, bakat dan kebutuhan murid tersebut saya dapat merancang ide pembelajaran yang dapat membuat pembelajaran menjadi menyenangkan. Adapun ide yang dimaksud berupa media video pembelajaran yang dapat digunakan saat belajar tatap muka maupun secara daring. Selanjutnya adalah proses dimana saya membuat media video pembelajaran. Media video yang dibuat tersebut berisi materi yang dilengkapi dengan lagu serta gambar yang dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi video pembelajaran yang menarik dan digemari oleh murid. Dengan memanfaatkan video pembelajaran diharapkan dapat membuat murid semangat dalam belajar. Dalam pembelajaran menyenangkan ini, video pembelajaran yang telah dibuat sebelumnya ditayangkan di depan kelas jika pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) berlangsung, adapun untuk siswa yang daring bisa mengakses video pembelajaran yang telah di upload di youtube dengan mengakses link yang telah disematkan pada kelas daring yang digunakan murid di sekolah tempat saya mengajar yaitu Classroom. Setelah menyaksikan video pembelajaran siswa dapat menyelesaikan tugas dengan minatnya masing-masing (video, lagu, gambar dll) yang sejalan dengan pembelajaran berdiferensiasi

Dari pemanfaatan video pembelajaran tersebut saya melakukan refleksi pembelajaran melalui dua metode, untuk kelas PTMT saya bertanya langsung kepada murid tentang pembelajaran yang telah dilakukan, sedangkan untuk kelas daring saya membuat pertanyaan yang dapat diisi murid pada Google Formulir (G-Form) yang linknya saya bagikan di Whatsapp Group (WAG). Adapun hasil dari refleksi tersebut murid mengakui bisa belajar dengan perasaan senang karena sesuai dengan minat, bakat dan kebutuhan murid yaitu bisa belajar sambil menonton, mendengar lagu dan melihat gambar sehingga murid lebih semangat dalam belajar. 

Simak Video Pemaparan Ibu Anijar Hapni Siregar