Penggunaan Google Site Berprinsip MATRE dalam Pembelajaran Teks Eksposisi

19 Nov 2021 | by Sukma Rofiani

Mengajar semua kelas dan semua jurusan di tingkat X merupakan tugas yang diberikan kepada saya. Bahasa Indonesia. Pelajaran yang gampang-gampang susah apalagi menyoal tentang penyampaian pendapat. Murid sering kali mendahulukan apa yang dirasakan tanpa memberikan pendapat pendukung dalam menyampaikan argumennya. Oleh karena itu, harapan saya dalam kegiatan pembelajaran materi teks eksposisi ini mereka dapat menyampaikan pendapat dengan baik kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang baik pula. 

Tantangan yang saya hadapi untuk mencapai tujuan pembelajaran adalah cara penyampaian materi. Kedetailan materi diharapkan oleh murid dalam memahami struktur dalam menulis teks eksposisi. Murid belum bisa membedakan antara tesis yang merupakan pendapat awal dengan argumen yang merupakan pendapat pendukung. Tantangan ini awalnya saya selesaikan dengan media aplikasi sederhana yaitu menggunakan google form. Namun, tantangan kembali muncul. Meskipun google form dapat diakses dengan mudah, mereka tampak ogah-ogah dalam memahami materi. Mereka justru lebih fokus mendapatkan skor atau nilai. Selain itu, materi tentu saja tidak bisa diakses ulang dengan mudah. Apalagi jika google form diatur menjadi kuis untuk sekali pengerjaan. Oleh karena itu, saya mentransformasikan media tersebut. Saya ganti media dengan Google Site.

Dengan menggunakan prinsip MATRE, saya menyusun rangkaian materi pembelajaran teks eksposisi. MATRE kependekan dari Materi, Tantangan, dan Refleksi. Dengan menggunakan google site, saya justru mengeksplor banyak aplikasi diantaranya google form, google slide, canva, wordwall, dan video dari YouTube. Google form digunakan untuk pengisian refleksi sekaligus presensi murid. Google slide digunakan untuk penjelasan materi, terutama menjelaskan contoh teks eksposisi berdasarkan strukturnya. Canva digunakan untuk membuat ringkasan materi berbentuk infografis. Wordwall digunakan untuk kuis yang termasuk bagian dari tantangan. Video dari YouTube yang diambil adalah video pembelajaran teks eksposisi.

Penggunaan google site ini cukup mudah. Murid bisa klik pranala Google Site yang diberikan guru. Pada tampilan awal mereka sudah disuguhkan tujuan pembelajaran setelah mempelajari semua rangkain materi teks eksposisi. Pilihan menunya adalah materi, tantangan, refleksi. Di bagian materi, murid bisa memilih sub materi yang akan dipelajari menggunakan tombol klik. Untuk memudahkan murid, tombol klik juga saya gunakan untuk mengantarkan mereka menuju kuis sesuai sub materi dan refleksi.

Untuk menu tantangan, ada dua submenu yang saya berikan. Kuis dan tugas pribadi. Kuis untuk mengetahui pemahaman murid pada setiap sub materi yang dipelajari. Sedangkan tugas pribadi untuk memproduksi teks eksposisi yang merupakan tujuan akhir pembelajaran. Tidak hanya berbentuk teks ataupun artikel, saya memberikan kebebasan untuk murid menyelesaikan tantangan (tugas pribadi) tersebut sesuai dengan kreativitas mereka. Boleh berbentuk video, podcast, maupun komik. Yang pasti, produk mereka harus sesuai dengan struktur teks eksposisi. Disebabkan ada kendala dalam pengumpulan tugas melalui google drive yang telah disematkan di google site, murid mengumpulkan tugas individu di google classroom maupun WhatsApp japri ke saya. Mereka juga bisa mengumpulkan langsung ke sekolah saat giliran PTMT.

Perubahan yang terjadi setelah menggunakan google site adalah murid dapat mengakses materi berkali-kali, di mana pun dan kapan pun. Pembelajaran daring lebih menyenangkan meskipun mereka mengaku materi dan kuis lebih baik diberikan secara terpisah. Tugas Individu dengan tema “Lingkungan di Sekitar Kita” berhasil memantik murid untuk mengungkapkan pendapat tentang masalah yang ditemukan di lingkungannya. Lingkungan di sekitar tempat tinggal menjadi pilihan agar mereka dapat lebih mudah dalam proses penulisan. Hal ini, karena mereka telah memahami lingkungannya sehingga dapat menuliskan tesis dan menemukan pendapat pendukungnya.


Gambar 1: Sebelum transformasi, masih menggunakan Google Form

Gambar 2: Setelah Transformasi dengan menggunakan Google Site

https://sites.google.com/guru.smk.belajar.id/bahasa-indonesia-te-kelas-x/menu


Gambar 3: Hasil Beberapa Refleksi Murid

Simak Video Pemaparan Ibu Sukma Rofiani