Penggunaan IT dalam Pembelajaran

19 Nov 2021 | by Aminah, S.Pd.I

Saya mengajar di sekolah yang berbasis pesantren, yang kegiatan pembelajarannya lebih memprioritaskan ilmu keagamaan. Namun Sebagai seorang guru saya mempunyai sasaran yang ingin saya capai dalam menjalankan tanggung jawab ini. Selain mumpuni dalam ilmu keagamaan, Saya ingin murid-murid saya juga mahir dalam bidang IT sehingga kelak mereka mampu menjawab tantangan abad 21.


Keresahan yang saya rasakan dalam mendampingi proses belajar murid adalah saya sendiri sebagai seorang guru merasa masih kurang berkompetensi dalam Penggunaan IT untuk pembelajaran. Namun saya ingin meningkatkan keterampilan murid-murid saya dalam penggunaan IT tersebut. kondisi yang saya lihat saat ini kompetensi murid-murid saya dalam penggunaan IT masih sangat rendah karena keterbatasan fasilitas dan kompetensi tenaga pengajar yang belum memadai.
Tantangan yang saya hadapi dalam mengemban tanggung jawab dalam mencapai sasaran yang ingin saya capai adalah keterbatasan sarana dan prasarana serta kompetensi saya pribadi sebagai seorang guru yang mungkin masih harus banyak belajar lagi tentang penggunaan IT agar dapat berbagi kepada rekan sejawat dan murid-murid saya.


Strategi belajar yang saya siapkan adalah dengan memanfaatkan fasilitas seadanya. Dan terlebih dahulu meningkatkan kompetensi diri dalam penggunaan IT dengan cara mengikuti webinar, pelatihan-pelatihan atau belajar secara mandiri dari Youtube atau sumber-sumber lain yang dapat dipelajari, sehingga saya mampu mengajarkan apa yang saya pelajari kepada murid-murid saya khususnya dalam penggunaan IT. Dengan berbekal ilmu yang saya dapat dari pelatihan Google Master Trainer saya mencoba untuk menerapkannya dalam pembelajaran. Adapun tahapan yang saya lakukan dalam pembelajaran menggunakan IT kepada murid-murid saya adalah sebagai berikut:

 

  1. Memanfaatkan akun belajar.id dan chromebook 

Kemendikbud telah membagian akun belajar.id kepada siswa, guru dan tenaga kependidikan yang bisa diunduh oleh operator sekolah kemudian dibagikan kepada masing-masing siswa, guru dan tenaga kependidkan. Saya memanfaatkan akun belajar.id siswa tersebut dalam pembelajaran.

  1. Mengaktifkan akun belajar.id dengan siswa 

Setelah para siswa mendapatkan akun belajar.id nya masing-masing, siswa perlu dibimbing untuk mengaktifkan akun tersebut. Saya memanfaatkan fasilitas yang ada di sekolah berupa 15 unit chromebook ntuk digunakan oleh siswa dalam mengaktifkan akun belajar.id nya secara bergantian.

  1. Membuat kelompok belajar 

Siswa Perlu dibuat kelompok belajar siswa agar mereka terbiasa untuk saling berkolaborasi dalam pembelajaran.

  1. Menggunakan chromebook untuk mengenalkan IT pada siswa
    Dengan memanfaatkan fasilitas yang ada, siswa diperkenalkan dengan IT lewat pembelajaran dengan menggunakan chromebook.

  2. Memanfaatkan fitur-fitur Google workspace for education 

Setelah akun belajar.id siswa sudah diaktifkan, maka siswa dapat mengakses fitur-fitur Google workspace yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran dengan bimbingan dari guru diantaranya fitur classroom, slide, Gmail, dan sebagainya yang dapat digunakan dalam pembelajaran berbasis IT.


Keseruan pelaksanaan strategi tersebut nampak pada antusias para murid dalam mengeksplor keterampilannya menggunakan IT. Respon murid-murid saya sangat beragam. Ada yang kebingungan, ada yang bersemangat dan ada juga yang sangat cepat mampu beradaptasi menggunakan IT dengan baik. Saya sangat senang menanggapi respon mereka yang beragam tersebut karena dapat memotivasi diri saya juga untuk terus belajar lagi dan membimbing mereka dengan telaten.


Pelajaran atau inspirasi yang saya dapatkan dari pelaksanaan strategi tersebut adalah meskipun dengan keterbatasan fasilitas dan kompetensi yang saya miliki dalam hal IT masih sangat terbatas namun dengan ketelatenan dan usaha untuk terus sama-sama belajar akan menghasilkan perubahan yang lebih baik. dari praktik baik ini banyak sekali pengalaman mengesankan. Saya perlu terus meningkatkan kompetensi saya agar saya mampu menerapkan strategi yang lebih baik lagi dalam membersamai murid-murid saya untuk terus mengembangkan potensi mereka. 

 

Dampak yang dapat saya lihat dan saya rasakan setelah saya menggunakan strategi pembelajaran dengan menggunakan IT ini adalah meningkatnya kemampuan dan keterampilan siswa dalam penggunaan IT serta meningkatnya semangat dan antusias mereka dalam pembelajaran.


Simak Video Pemaparan Ibu Aminah