MENGEMAS DUNIA BELAJAR ANAK DENGAN PLATFORM YANG MENYENANGKAN

20 Nov 2021 | by Amalia Fajar Hidayati

Upaya sadar yang dilakuan setiap kalangan masyarakat untuk mencapai melalui proses pembelajaran untuk meningkatan potensi dirinya adalah dengan mengenyam pedidikan. Salah satu masalah pendidikan yang dialami adalah pembelajaran yang terbatas di masa pandemi. Pemberlakuan kebijakan physical distancing yang kemudian menjadi dasar pelaksanaan belajar dari rumah, dengan pemanfaatan teknologi informasi yang berlaku secara tiba-tiba.

Pembelajaran yang dilaksanakan di rumah memberikan akibat anak lebih aktif dalam penggunaaan gadget. Kesempatan ini justru digunakan anak untuk game online. Berbagai macam masalah yang timbul, maka guru harus melakukan upaya dalam mengatasi kecanduan game online tersebut diantaranya adalah memberikan tugas daring yang lebih inovatif agar siswa menjadi tertarik dalam pembelajaran, serta memberikan game yang berbasis ilmu pendidikan untuk mengalihkan perhatian mereka dari game online. 

Hal serupa dialami kelas 6B SDN Klender 03 Pagi, kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, DKI Jakarta. Rata-rata usia siswa saya adalah 11 -12 tahun dengan komposisi putra berbanding putri 1:1 dengan jumlah siswa 32 orang dalam satu kelas. Sebagian besar siswa sangat suka memainkan game di ponsel pintar mereka. 

Saat ini sesuai dengan program semester yang saya susun, saya mengajarkan materi  Tema 5 Wiraswasta Subtema 1 Pembelajaran 3 meliputi muatan muatan Bahasa Indonesia tentang Teks Formulir, muatan IPA tentang Magnet. Dalam pembelajaran saya merancang materi di plotagon. Plotagon merupakan aplikasi yang mampu mengkreasikan film animasi dari setiap screenplay yang dituliskan. Aplikasi ini memudahkan saya yang merupakan pembuat film amatir untuk membuat film yang terbilang inovatif. Setiap scene yang akan tampil, dapat disesuaikan dengan apa yang saya gambarkan pada cerita. Bahkan, saya pun dapat mengolah film tersebut secara detail, mulai dari dialog, tampilan animasi hingga aspek lainnya. 

Selain itu saya juga mengemas pembelajaran di aplikasi canva yakni sebuah situs sekaligus aplikasi yang menyediakan tools untuk membuat desain grafis dan publikasi online. Canva menyediakan ribuan template yang bisa digunakan oleh pemula dengan sangat mudah. Materi yang dikemas pada aplikasi canva juga dapat dipelajari siswa di mana saja dan kapan saja.

Setelah memanjakan mata siswa mempelajari materi dengan tampilan menarik, saya  merancang  pertanyaan dan jawaban kuis pada wordwall. Pada aplikasi wordwall pertanyaan dikemas dalam bentuk games. 

Dari penjelasan tersebut manfaat mengemas materi dengan plotagon adalah siswa dapat menganalisis isi cerita dalam film yang ditampilkan. Bahkan mereka bisa ikut berperan aktif dalam pembelajaran. Tidak hanya aplikasi plotagon yang membuat aktifitas siswa bermakna dalam pembelajaran. Salah satu media pembelajaran menarik lainnya adalah desain grafis. Siswa akan senang melihat sesuatu yang memiliki desain menarik. Aplikasi canva merupakan salah satu platform yang menyediakan desain grafis tersebut.

Aplikasi lainnya yakni wordwall,  siswa saya dapat menjalani kuis daring bersama teman-teman sekelas. Siswa dapat berkompetisi untuk menjadi yang terbaik diantara teman-temannya. Setiap murid perlu mengakses website tersebut melalui ponsel pintar masing-masing

Simak Video Berikut