Pembuatan Media Aplikasi Biologi Bernama CERIA

20 Nov 2021 | by Sugiarti

Pembelajaran dengan Media Ceria di awalnya diharapkan agar siswa mampu memahami materi pelajaran biologi dibagian klasifikasi makhluk hidup. Keserahan yang timbul saat mengajar adalah siswa lebih suka bermain HP  dan membuka aplikasi yang lain saat tidak on camera saat pembelajaran sincronous saat pembelajaran dengan menggunakan zoom meeting yang diadakan dengan fasilitas dari zoom sekolah. Tujuan pembelajaran ini adalah siswa mau berpartisipasi  aktif dalam proses pembelajaran  bermakna serta mampu diaplikasikan dalam kehiudpan sehari-hari.  Tantangan  yang diberikan adalah dengan memberikan pemahaman pelajaran biologi  yang menyenangkan. Siswa diharapkan mampu  mengikuti proses pembelajaran dengan lebih bersemangat. Hal yang akan guru lakukan adalah dengan memberikan media pembelajaran yang ramah serta menyenangkan, mengasikkan sehingga  timbul semangat untuk belajar biologi tanpa adanta paksaan dalam proses pembelajaran. Ketika semangat ini lahir maka otomatis siswa akan mau berpartisipasi aktif dengan mengikuti pembelajaran dengan baik serta penuh tanggung jawab serta jika ada penugasan, siswa mau untuk berkolaborasi dengan  berbagi informasi serta mampu menuangkan ide dalam proses proses pembelajaran Ketika proses diskusi atau refleksi pelajaran dan kesimpulan dilakukan.  Siswa bertanggung jawab untuk mengikutinya dengan sebaik-baiknya.

Aksi yang dilakukan adalah dengan membuat media pembelajaran berbasis aplikasi yag disebut dengan media pembelajaran ceria (Colaboration, Energik, Religius, Inovative dan Ar) merupak gabungan dari beberpa aplikasi  yaitu dei Microsoft Office 365 dengan menggunakan sway. Mentimeter, quiziz, menggunakan canva untuk pembuatan virtual background saat pelaksanaan zoom meeting serta penggunaan infografis. Dengan menggunakan Sway maka hanya dalam satu klik maka siswa akan mampu memperoleh data media pembelajaran dengan bahan dari word, gambar, video, sapaan dari guru melalui voice note, lalu dapat dimasukkan juga link quisis serta link  feedback siswa untuk mampu mengetahui bagaimana siswa perasaannya serta keadaan suasana hantinya selama proses pembelajaran. Untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap konten pembelajaran dengan memberikan games berupa quisis. Dengan Quisis siswa mampu dilatih dalam hal ketepatan dalam menjawab pertanyaan soal yang diberikan dengan teliti dan benar serta memiliki kecepatan yang baik dalam proses merespon jawaban yang diberikan. Durasi yang diberika dalam satu soal hanya dua puluh detik dengan jumlah soal sebanyak sepuluk soal. Siswa yang mempu menjawab dengan tepat, cepat serta benar maka akan mendapatkan posisi terbia dan akan  ada podium virtual untuk 3 orang peserta dengan nilai terbaik.

Perubahan yang didapat adalah  Siswa menjadi lebih antusias dalam proses pembelajaran, tampilan pembelajaran dalam virtual background  mampu memotivasi siswa untuk belajar dengan semangat serta siswa menjadi lebih baik dalam proses penilaian yang dilakukan diakhir kegiatan proses pembelajaran. Siswa lebih kreatif pada saat pembuatan infografis dan sangat bersemangat saat mengikuti quisis. Respon positif guru serta guru memberikan apresiasi kepada siswa mendorong siswa lebih aktif, kreatif dan inovatif dalam pembelajaran. Siswa dilatih untuk berkolaborasi dengan temannya sehingga kejujuran, Kerjasama dan peduli serta memiliki seni dalam pembelajaran



Simak Video Pemaparan Ibu Sugiarti