Sederhana Tapi Bermakna

19 Nov 2021 | by Gina Herlina

“Yang aku rasain bosen Bu."

Ya, ini merupakan salah satu jawaban murid yang saya sering dengar. Ketika saya menanyakan bagaimana perasaan belajar online selama di rumah.

Jika sekolah online seperti ini, lantas bagaimana agar anak-anak tidak merasa bosan untuk mengikuti pembelajaran? Tujuan pengajaran yang ingin saya bagikan yakni bahwa kegiatan belajar mengajar dapat lebih menyenangkan, interaktif dan menumbuhkan literasi pada setiap anak. Salah satunya dengan cara mengajak murid menggunakan handphone untuk belajar, Karena memang pembelajaran online ini sangat erat kaitannya dengan handphone. 

Semua murid menggunakan handphone bahkan ada beberapa menggunakan laptop untuk mengikuti pembelajaran bersama saya. Rata-rata mereka sering memainkan handhone untuk mengisi waktu luang, menyukai film animasi, dan menyukai permainan saat pembelajaran berlangsung. Ketertarikan mereka ini harus diarahkan kearah yang positif dan berkaitan dengan pembelajaran yang saya ajarkan kepada mereka, agar mereka merasa senang. Mengaitkan apa yang mereka sukai dengan pelajaran yang mereka pelajari.

Hal seperti ini membuat saya berpikir untuk memadukan hal tersebut dengan pembelajaran yang saya ajarkan pada mereka agar mereka tidak merasa jenuh. Hal tersebut terus terpikirkan dan munculah ide untuk mengajak mereka berkeliling Indonesia bersama tokoh kartun legendaris yakni Doraemon. Apa hubungannya dengan pembelajaran yang saya ampu tentunya selain mereka dapat keliling Indonesia secara virtual, mereka dapat mengenal produk Indonesia melalui deskripsi dan foto yang saya sajikan dalam setiap pilihan yang mereka pilih. 

Pada tahapannya : Murid mengakses dengan memasukan link. Tampilan pertama berupa petunjuk, isi email dan klik berikutnya. setelah itu ada gambar doraemon yang akan menemani mereka selama perjalanan dan mereka diminta untuk memilih kota mana yang akan mereka tuju, selanjutnya pun sama mereka diberi 2 pilihan dengan jawaban atau perjalanan yang berbeda sampai akhirnya anak anak berakhir pada pertanyaan terbuka yang harus mereka isi. Respond murid sangat positif dan sesuai yang saya harapkan, mereka terlihat senang tanpa beban mengerjakannya.

Pada saat pelaksanaan sangat seru, karena saya memantau langsung anak anak dalam mengisi melalui komunikasi zoom meeting.

Pembelajaran online dengan diakhiri refleksi bersama doraemon keliling Indonesia menjadi pembelajaran yang penuh dengan interaksi. Pelajaran atau inspirasi yang saya dapat dari pelaksanaan strategi tersebut yakni bahwa guru harus mampu memahami kondisi dan kebutuhan yang murid butuhkan (mampu berempati) agar tujuan pembelajaran yang akan dituju dapat tercapai sesuai yang diharapkan. Dari strategi tersebut pula tidak berhenti disitu, harus ada perubahan dan pembaharuan pembaharuan agar siswa siswi dapat enjoy dan tidak bosan. Dengan media aplikasi sederhana tetapi tetap bermakna.

Simak Video Pemaparan Ibu Gina Herlina