Manahan, Permainan Asyik Pahami Pecahan Bersama Keluarga

01 Dec 2021 | by Istiqomah Amalia

Tahun ini saya mengajar di kelas 4 SD. Saya berharap sekali anak-anak bisa menciptakan pembelajaran yang menyenangkan untuk murid-murid. Saya berharap orang tua bisa terlibat dalam proses pembelajaran yang sampai saat ini masih lebih banyak dilaksanakan di rumah.

Senangnya saya membayangkan keseruan mereka belajar dengan didampingi orang tua.


Namun, pada kenyataannya saya merasa bayangan indah itu hanya akan menjadi impian saja. Karena ketika mempelajari matematika orang tua merasa kesulitan mendampingi anaknya. Sayapun mencari tahu kendala yang dihadapi. Ternyata mereka kesulitan memahami materi pecahan. 


Saya akhirnya mencari cara. Bagaimana cara membuat murid-murid memahami pecahan dan orang tua terlibat di dalamnya?. Pertama, saya mencari tahu hal apa yang dapat melibatkan orang tua dan membuat anak-anak mudah memahami materi pecahan. Saya meminta pendapat mereka tentang proses pembelajaran yang berjalan selama di kelas 4. Ada beberapa hal yang perlu diperbaiki.


Ternyata mereka merasa bosan jika penyampaian materi pembelajaran hanya melalui video dan tulisan saja. Karena terkadang mereka kesulitan memahaminya dan tidak dapat bertanya kepada orang tua.

 

Akhirnya, saya menanyakan tentang hal asyik yang mereka lakukan bersama orang tua dan mempermudah mereka belajar. Setelah itu saya dapati informasi mayoritas dari mereka menyenangi sebuah permainan yang dilakukan oleh beberapa orang. Sehingga, saya memutuskan untuk membuat permainan yang disenangi dan dapat melibatkan orang tua di dalamnya. 


Permainan ini saya beri nama Manahan ( Mari Mengenal Pecahan ). Sebuah permainan yang pada akhirnya membuat murid-murid belajar pecahan dengan asyik bersama orang tua. Disinilah saya mendapat pelajaran bahwa permainan dapat membuat orang tua terlibat dalam pembelajaran yang menyenangkan.



Simak video Pemaparan Ibu Istiqomah