Membuat siswa kelas Xii tertarik dengan statistika menggunakan sway

01 Dec 2021 | by Kiki Dwi Jayati

Membuat Murid kelas XII  tertarik dengan Statistik menggunakan media  SWAY 

Oleh : KIKI DWI JAYATI

SMAN 1 Rejang Lebong

Sasaran yang ingin saya capai dalam menjalankan tanggung jawab adalah murid saya merasa lebih tertarik dalam pembelajaran matematika. Keresahan yang Saya rasakan dalam mendampingi proses belajar murid adalah mereka tidak mau bertanya dan sudah terdokrin bahwa matematika itu susah selain itu mereka lebih tertarik terhadap handphone apalagi sekarang lagi hangat-hangatnya games online. Ada beberapa Murid saya yang dengan terus terang bilang bahwa ketika chip di Games nya habis dia jadi tidak semangat melakukan kegiatan termasuk belajar. Tujuan pengajaran yang ingin Saya capai dan bagikan kepada para pembaca adalah mengubah pandangan murid bahwa Statistika itu tidak sesusah dan serumit  yang mereka bayangkan serta mengubah kebiasaan main games online di handphone dengan memanfaatkan Handphone untuk kegiatan belajar yang menyenangkan. Hubungannya dengan kondisi yang Saya hadapi saat ini adalah Materi Statistik yang saya ajarkan tidak akan sulit jika mereka mau memahami, mau bertanya dan merasa tertarik terhadap kegiatan belajar mengajar. 

Bagian Tantangan: Tantangan (kesulitan, hambatan, kendala dll) yang Saya hadapi dalam mengemban tanggung jawab dan dalam mencapai sasaran yang ingin Saya capai adalah murid saya malas aktif selama pembelajaran, takut untuk bertanya jika mereka tidak paham serta tidak bisa menyelesaikan masalah yang diberikan serta sedikit candu terhadap games online.  

 

Bagian Aksi : Strategi belajar yang saya siapkan adalah saya menggunakan Sway. Sway ini adalah bagian dari produk Microsoft Office 365. Sway ini hampir mirip dengan Power Point tetapi lebih lengkap dan fitur nya lebih menarik. Untuk membuat sway kita perlu mengaktifkan Email kemudian kita msuk ke Chrome melalui Sway.office.com. Setelah membuka sway kita bisa berjelajah danmemulai mengekspor membuat media panduan ataupun media aar. setelah membuat panduan kita bisa memberikan Link nya kepada  Murid. Untuk masuk ke Sway Murid akan dibagikan Link kemudian Murid akan membuka Link tersebut. Apabila Murid diberikan tugas murid bisa langsung mengedit langsung di Sway. Panduan yang saya buat tertulis lengkap didalam Sway. Ketika Murid membuka Link Sway maka murid akan mengikuti petunjuk Panduan yang terdapat di Sway. Di dalam Sway terdapat Video pembelajaran yang berisi materi Statistika serta terdapat juga tambahan penjelasan Materi Statistika menggunakan Voice Note

saya menjelaskan materi sehingga mereka merasa saya hadir bersama mereka. Juga terdapat beberapa materi yang bisa mereka baca sehingga terjadi kegiatan literasi. Selain itu menggunakan sway juga tidak banyak memakan kuota. Tampilan Sway juga menarik kita bisa memilih berbagai latar belakang dan tampilannya.  Didalam sway kita juga bisa memasukkan aturan penilaian atau formulir evaluasi yang ditampilkan langsung. Didalam sway juga bisa meminta Murid untuk langsung mengedit dimasing-masing sway mereka jadi apabila kita mau mengoreksi cukup membuka satu link saja tidak satu-satu per Murid karena sudah terangkum didalam itu.   

Bagian Perubahan: Dari penggunaaan sway Murid lebih tertarik dan lebih memahami materi yang saya ingin sampaikan . Kesan yang disampaikan Murid yaitu mereka bisa mendengar dan menonton video saya dalam satu Link jadi ketika membuka sway mereka merasa saya ada didekat mereka.  Respon Murid Saya merasa bahwa dengan sway lebih mengerti dan jelas penyampaiannya sehingga kalau mereka ada yang masih tidak dimengerti mereka bisa membuka ulang Link tersebut untuk mengulangi memahami materi. Saya menanggapi respon Murid dengan terus memperbaiki dan membuat variasi sway yang saya buat sehingga mereka tidak bosan. Pelajaran yang bisa saya ambil dengan menggunakan sway adalah saya bisa lebih banyak lagi memberikan variasi supaya murid saya tidak bosan mengikuti pelajaran Matematika. Upaya yang saya lakukan saya meminta murid untuk memberikan masukan setelah menggunakan Sway sehingga saya selalu Upgrade Ilmu saya.

 

Simak video pembelajaran berikut ini