Pembelajaran Agama Hindu Menyenangkan Dengan Powtoon dan Quzziz

20 Nov 2021 | by Ni Luh Adi Warastri, S.Pd.H

Sebagai  guru saya ingin murid saya tertarik dan mudah memahami materi yang saya ajarkan.  saya mengajar Pendidikan Agama Hindu di kelas XI. Materi yang saya ajarkan saat ini lebih banyak berisi unsur cerita. Keresahan yang saya rasakan selama mendampingi murid belajar adalah memilih media yang tepat untuk materi yang saya sampaikan.

 Saya mencoba untuk membuat power point tentang nilai-nilai yadnya dalam mahabrata untuk diberikan kepada murid dan meminta mereka untuk mempelajari, setelah itu saya tanyakan kembali  tentang apa yang bisa mereka  dapatkan dari membaca power point yang saya buat. Tujuan pengajaran yang ingin saya capai adalah agar murid memahami penerapan yadnya dalam kehidupan sehari-hari, memahami nilai yadnya yang terkandung dalam Mahabrata

Tetapi ternyata sebagian besar murid kurang tertarik untuk membaca, power point yang saya berikan  tidak dipelajari dengan baik, jika saya hanya menjelaskan saja kurang diperhatikan. Setelah saya uji kompetensi masih ada murid yang keliru dengan penerapan bagian-bagian yadnya. Ketika pembelajaran sedang berlangsung saya perhatikan ada beberapa siswa yang sibuk dengan gadgetnya. Sebagian besar murid saya lebih senang bermain game dan menonton film dengan hp android mereka daripada membaca materi yang diberikan guru. 

Saya mulai mencari cara untuk menarik minat murid dalam belajar, salah satunya dengan memanfaatkan apa yang mereka sukai. Saya mencoba merancang media pembelajaran yang menarik dengan tampilan video animasi dan mengkemas pertanyaan dalam bentuk game. Saya tertarik menggunakan ide ini karena murid lebih suka menonton film animasi dan juga memainkan game dengan hp android mereka.   

Pertama  saya menyiapkan media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi powtoon, dengan menggunakan powtoon saya bisa merancang media pembelajaran yang lebih menarik karena aplikasi ini dilengkapi dengan animasi. Untuk bisa mengakses media pembelajaran yang saya buat saya membagikan link kepada murid, mereka bisa mengakses dengan hp android masing-masing. 

Materi yang saya buat dilengkapi dengan gambar agar murid lebih mudah untuk mengingat dan mengidentifikasi pembagian dari yadnya dan mempermudah murid memahami penerapan dari masing-masing pembagian yadnya. Dalam media pembelajaran yang saya buat juga menyajikan cerita singkat tentang yadnya dalam mahabrata, di sini saya menuliskan poin-poinnya saja agar murid lebih mudah dalam menyimak cerita dan mengingat. Setelah murid menyimak materi yang saya berikan di powtoon saya mengajak murid bersama-sama untuk melakukan uji kompetensi, di sini saya menyajikan pertanyaan dalam bentuk game yang saya buat dengan quizziz, murid dapat mengakses game yang saya sajikan dengan membuka link yang saya bagikan. 

setelah menggunakan cara ini ternyata murid menjadi lebih tertarik untuk belajar,kegiatan belajar menjadi seru karena indra penglihatan murid dirangsang oleh tampilan animasi dalam media pembelajaran yang dibuat, merekapun lebih bersemangat dalam menjawab soal karena disajikan dalam bentuk game. untuk menarik minat murid dalam pelajaran diperlukan media yang menarik, agar mereka  tidak mudah bosan, mereka menyukai tantangan dalam belajar. ketika saya memberikan soal dalam bentuk game mereka sangat antusias untuk menjawab. Perubahan yang terjadi pada murid saya lihat dari respon mereka dalam menyimak materi dan dari hasil uji kompetensi.