Belajar sambil bermain pada Masa Pandemi: Ular Tangga Kata Baku

11 Dec 2020 | Inovasi Media Ajar dari Heni Rasmawati, SD Avicenna Jagakarsa

Profil murid : Murid menjalani kondisi darurat dengan menggunakan ponsel dan laptop. Awal: Kegiatan KBM di tahun ajaran baru ini berubah menjadi pembelajaran secara daring. Siswa pun hanya bisa bertemu temannya secara virtual. Saya memiliki keinginan agar anak-anak bisa bermain sambil belajar secara berkelompok seperti KBM tatap muka. Tantangan: Siswa tidak bisa bertemu tatap muka bersama temannya sehingga tidak bisa bermain bersama. Aksi: Dengan menggunakan akun premium breakoutroom pada zoom premiumdan papan permainan Ular Tangga Kata Baku, murid bisa bermain sambil belajar secara berkelompok. Tidak hanya itu, terdapat dadu virtual dan fitur shape di Ms. Word untuk memudahkan murid bermain secara virtual. Pelajaran: Siswa sangat senang bisa bermain sambil belajar bersama atau secara berkelompok walau hanya secara virtual. SIswa pun bisa memahami kata baku dengan lebih mudah.