Strategi Menghadapi PTMT dengan Pembelajaran Campuran Menggunakan Fitur Lessons Quizizz

20 Nov 2021 | by Dra. Hasniar

Strategi Menghadapi Era Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) dengan

Pembelajaran Campuran Menggunakan Fitur Pembelajaran Interaktif Quiziz


Oleh : Dra. Hasniar

SMAN 3 Sinjai Sulsel


Sejak tanggal 2 Agustus 2021 PTMT pada semua tingkatan sekolah di kabupaten Sinjai Sulsel mulai diberlakukan. 71 % murid masih harus belajar dari rumah, hanya 29 % yang bisa mengikuti pembelajaran di sekolah. Khusus di SMA Negeri 3 Sinjai tempat saya mengajar, hanya disiapkan 20 menit per jam pelajaran dengan jadwal yang sama untuk semua murid. Olehnya itu, murid di rumah saya berikan pembelajaran asinkronus dengan cara meminta mereka membaca buku pegangan murid dan mengerjakan soal-soal latihan sesuai materi yang dipelajari pada pertemuan itu. Saya juga mengirimkan sumber belajar lain dari YouTube dan web disertai dengan rekaman suara berisi arahan dan penjelasan materi menggunakan voice note lewat Whatsapp Grupp. Tidak ada lagi interaksi antara saya dengan murid demikian pula antara murid dengan murid terkait materi pelajaran. Bahkan dalam kondisi tertentu kadang saya tidak sempat mengirimkan materi pelajaran kepada murid karena fokus pada pembelajaran tatap muka. Akibatnya, terjadi penurunan tingkat keaktifan murid yang sangat signifikan.Tujuan belajar murid yang belajar di rumah menjadi sulit tercapai.


Saya jadi terinspirasi untuk menggunakan fitur Lessons Quizizz. Quizizz merupakan aplikasi pembelajaran berbasis gamifikasi. Fitur pembelajaran interaktif quizizz ini sama tampilan dan fungsinya dengan PPT dan Google Slide yang merupakan fitur baru Quizizz selain fitur pembuat soal.


Setelah saya memahami profil murid saya lalu merancang pembelajaran campuran untuk moda asinkronus di kelas X pada mata pelajaran bahasa Jerman, materi Begruessung (Ucapan Salam) menggunakan aplikasi Quizizz.


Ada 27 slide yang saya buat berisi judul dan profil diri saya, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran dan soal-soal asesmen formatif. Ada berbagai media yang saya gunakan di setiap slide diantaranya ; tulisan, foto, gambar diam dan bergerak, rekaman suara, video, dan game dari web lain. Saya juga menggunakan background animasi yang sudah disiapkan Quizizz sehingga tampilannya sangat variatif.


Pada bagian pendahuluan saya menyapa murid dengan salam, mengecek kehadiran dan kesiapan fisik dan psikis mereka, memberikan motivasi serta apersepsi yang sangat interaktif. Budaya Jerman terkait materi diilustrasikan dalam gambar karikatur dilengkapi dengan rekaman suara berisi penjelasan materi pelajaran yang diintegrasikan dengan nilai-nilai budaya lokal untuk membentuk profil pelajar Pancasila yang Berkebinekaan Global. Untuk memudahkan murid belajar sambil bermain, di slide sebelumnya saya berikan video tutorial penggunaan game tersebut.


Di bagian akhir slide berisi soal-soal asesmen formatif, slide untuk menuliskan kesimpulan dan refleksi terhadap proses pembelajaran. Hasilnya akan tersimpan otomatis pada fitur Report dan bisa dilihat oleh guru kapan saja dan dari sini akan kelihatan tingkat partisipasi murid dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis asesmen formatif ini saya akan memberikan feedback dan penguatan materi pada pertemuan tatap muka.


Setelah medianya selesai, saya mengujicobakan kepada beberapa rekan guru dan murid. Feedback yang mereka berikan menunjukkan kalau tampilan media ini sangat menarik, membuat murid mudah memahami dan mempraktikkan materi pelajaran serta sangat interaktif sehingga murid menjadi termotivasi untuk aktif mengikuti pembelajaran asinkron.


Akhirnya, saya bersama murid sepakat menggunakan platform Quizizz dengan fitur pembelajaran interaktif (Lessons) dalam pembelajaran asinkron dengan alasan seperti yang telah dikemukakan di atas.


Simak Video Pemaparan Berikut