Strategi Memahami Murid: Penggunaan Quizizz Untuk Meningkatkan Antusiasme Dan Hasil Belajar Murid

20 Nov 2021 | by Ni Luh Sudewi,S.Pd.,M.Pd


Adanya pandemic Covid-2019 terbitlah pengumuman Kejadian Luar Biasa (KLB) yang menyebabkan terjadi kekacauan khususnya dalam bidang Pendidikan. Sekolah-sekolah diliburkan, kegiatan belajar mengajar  di sekolah menjadi terganggu, pembelajaran yang awalnya dilakukan secara tatap muka untuk sementara tidak bisa dilakukan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka perlu diadakan perubahan desain model pada kegiatan belajar mengajar untuk menghindari pembelajaran dengan tatap muka sebagai upaya untuk mengurangi penyebaran wabah virus Covid-19. Kemendikbud mengeluarkan surat edaran No. 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan Pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (Covid-19) yang salah satu isinya adalah belajar dari rumah dengan kegiatan pembelajaran secara daring atau jarak jauh. Selama pandemi berlangsung, kini pembelajaran daring telah dilakukan hampir di penjuru dunia. Maka selama pandemic Covid-19 berlangsung setiap sekolah melaksanakan kegiatan Pendidikan dengan pembelajaran jarak jauh.

Pembelajaran jarak jauh mempengaruhi antusiasme dan hasil belajar siswa. Antusiasme belajar siswa menurun drastis sehingga minat belajar siswa juga menurun. Menurunnya minat belajar siswa menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Pembelajaran yang dilakukan secara daring membuat siswa dan guru yang biasanya bertemu secara langsung berubah menjadi bertemu lewat layar google meet atau zoom meeting. Keadaan ini cukup berpengaruh terhadap antusiasme belajar siswa karena tidak ada timbal balik yang menyenangkan dari lingkungan belajar yang berlangsung secara daring. Rendahnya antusiasme belajar siswa menjadi sebuah tantangan besar bagi guru di masa pandemi ini.

Untuk meningkatkan antusiasme dan hasil belajar kimia siswa selama pembelajaran daring di masa pandemi perlu dilakukan upaya-upaya untuk mengatasi tantangan yang muncul. Salah satu upaya yang saya lakukan yaitu mengubah cara pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi Quizizz. Aplikasi Quizizz yang saya gunakan, saya lengkapi dengan materi, latihan soal, video dan kuis. Siswa bisa mengetahui skor dan peringkat mereka di kelas dengan menggunakan media aplikasi ini. 

Ternyata,  penggunaan media Quizizz ini sangat disukai siswa. Siswa sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran kimia. Walaupun belajar secara daring di tengah pandemi Covid 19, proses pembelajaran dan penilaian tetap bisa dilaksanakan dengan efektif dan efisien. Penilaian pun tetap bisa dilaksanakan dari jarak jauh. Media Quizizz dapat memberikan kelebihan-kelebihan tersendiri baik bagi siswa maupun bagi guru itu sendiri. Melalui penggunaan media Quizizz dapat melaksanakan evaluasi pembelajaran setiap hari dari rumah. 

Dengan Quizizz, siswa akan merasa ditantang, karena ada skor yang diperoleh dengan menjawab secara cepat dan tepat. Selain itu akan ada persaingan, karena Quizizz langsung membuat ranking yang bersifat live antar peserta Quizizz. Media pembelajaran ini menyenangkan karena akan ada musik untuk menyemangati, dan juga meme yang lucu yang menumbuhkan motivasi siswa.

Dengan menggunakan media Quizizz ini hasil belajar siswa juga meningkat. Hal ini terlihat dari hasil kuis siswa  dan ulangan harian siswa. Dari beberapa testimoni siswa yang dikirimkan, siswa sangat senang belajar dengan menggunakan media Quizizz dan berharap pembelajaran kedepannya lebih banyak menggunakan media ini. Jadi dapat saya simpulkan bahwa selama pembelajaran daring siswa tetap dapat belajar dengan antusias dengan menggunakan media Quizizz.

Link Testimoni Siswa:

https://www.youtube.com/watch?v=tdC7gnkkdDI&t=35s  

umpan balik kurator :

  1. sudah bagus sesuai pola ATAP

  2. kata siswa di ganti murid

  3. Perhatikan typo yang sudah saya beri komentar

  4. Paragraf yang gemuk bisa dipecah. Satu paragraf cukup satu pikiran utama.

  5. maksimal 500 kata  


    Simak Video Berikut