MEMAHAMI SOAL CERITA DENGAN VIDIO

19 Nov 2021 | by Disa Aimmatul Millah, S.Pd.

Sebagai seorang guru tak dipungkiri memiliki tujuan utama yakni semua siswa mampu memahami materi yang telah disampaikan. Tetapi pada masa pandemic seperti ini pembelajaran berjalan tidak begitu maksimal, sehingga menyebabkan tujuan pembelajaran tidak tuntas 100%.  Selain itu semangat siswa saat pembelajaran tatap muka dengan daring sangatlah berbeda. Ketika pembelajaran tatap muka siswa sangat antusias dibandingkan saat pembelajaran daring. 

Ketika pembelajaran daring ada beberapa masalah, salah satunya siswa sulit memahami soal cerita. Kekurangan memahami soal cerita dikarenkan tidak bisa membaca. Hampir 60% siswa kelas saya kemampuan membaca dan menulis sangat kurang. Sehingga untuk membaca soal cerita merasa kesulitan, apalagi memahami soal cerita tersebut yang kemudian menyebabkan siswa merasa bosan dan tak bersemangat saat pembelajaran.

Awalnya saya kira siswa tidak memahami cara penulisan kalimat matematikanya, sehingga saya beri soal berulang kali tetap saja hasilnya belum maksimal. Akhirnya saya mencari media yang sesuuai dengan masalah kelas saya. Media pembelajaran yang saya pilih yaitu membuat soal cerita dalam bentuk video.

Langkah awal saya membuat dari media power point. Saya memiliih media power point karena mudah mengaplikasikannya dan hampir setiap hari sayan menggunakanya. Power point merupakan aplikasi pembantu untuk membuat paparan dalam bentuk slide presentasi yang interaktif sehingga materi dapat ditampilkan lebih efektif dan professional. Penggunaan power point yang interaktif sangat membantu saya untuk memaparkan materi kepada siswa kelas 1A dengan lebih mudah sehingga transformasi ilmu pengetahuan dapat berjalan dengan lebih baik dan lancar. Selain itu, penggunaan powerpoint yang interaktif dapat memudahkan saya untuk menguasai kelas dan membantu siswa untuk selalu fokus dengan materi yang  saya jelaskan serta membuat peserta untuk lebih terlibat dalam proses pembelajaran dua arah yang pada akhirnya akan memberikan pengalaman belajar yang unik bagi peserta pelatihan.

Sebelum memberi soal cerita, saya memberikan beberapa contoh soal agar siswa dapat menulis dan memahami kalimat matematika. Untuk membuat slide soal cerita, saya membuat seperti konsep peracakapan, sehingga siswa satu-persatu memahami maksut soal tersebut. Setelah membuat teks soal cerita saya menampilkan slide pembahasan soal agar siswa lebih mengerti. Setelah power point selesai saya mengekspor menjadi sebuah vidio

Selain itu saya juga take video untuk di insert ke power point saya. Saya menggunakan kamera hp, kemudian saya edit background dengan menggunakan cap cut, karena saya tidak memiliki green screen. Setelah selesai keduanya saya mengedit untuk mendubbing pada suara video power point. Dan langkah terakhir mengupload di akun youtube saya.

Setelah selesai semua saya mencoba menerapkan saat pembelajaran zoom kepada siswa saya. Alhamdulillah dengan penggunaan media ini hasil belajar siswa meningkat, dan pembelajaran lebih terasa menyenangkan.

Simak Video Pemaparan Ibu Disa Aimmatul Millah