Praktik Baik Bersama Bu Fita di Kelas 4 A

20 Nov 2021 | by Effita Pramesti Maharany, S.Pd

Semenjak pandemi sekolah kami melakukan kegiatan pembelajaran online di rumah. Kami sebagai guru di sekolah merasa cukup sulit melakukan pembelajaran tanpa tatap muka sama sekali, karena belum tentu di rumah mereka didampingi oleh orang tuanya. Banyak juga orang tua yang mengeluhkan pembelajaran secara daring itu tidak efektif, karena merasa siswa tidak mendapatkan pembelajaran seperti biasanya mereka saat belajar di sekolah. Kebanyakan siswa juga sudah mulai jenuh dengan belajar dari rumah.

Tantangan saya dimulai untuk memacu kembali semangat siswa di rumah. Membuat para siswa kembali bersemangat dalam mengikuti pembelajaran walau hanya di rumah. Karena kebanyakan siswa merasa jenuh dan bosan jika hanya mencatat dan mengerjakan tugas di rumah. Pembelajaran yang monoton inilah yang menurunkan minat belajar siswa.

Akhirnya saya memutuskan untuk membuat langkah baru dalam merancang metode pembelajaran yang membuat siswa bisa merasa senang dan tidak lagi jenuh belajar di rumah. Saya menggunakan platform “Wordwall” yang merupakan media aplikasi yang disediakan untuk membuat materi pelajaran lebih menarik karena dikemas dalam bentuk permainan. Dengan aplikasi ini saya membuat Permainan “Find The Match” dalam pelajaran Tema 2 tentang perubahan energi. Sebelumnya saya menampilkan power point tentang perubahan energi dan menjelaskan kepada siswa tentang materi tersebut setelah itu untuk mengetahui seberapa jauh siswa paham dengan materi yang saya sampaikan, saya menggunakan media wordwall ini untuk mengetes kemampuan siswa dengan mencocokan gambar dengan perubahan energinya. Dalam permainan yang saya buat diwordwall ini akan ditampilkan beberapa gambar dan tulisan, disini tugas siswa adalah mencocokkan gambar dengan perubahan energi yang tepat sesuai dengan materi yang telah saya sampaikan.

Setelah melihat hasilnya ternyata para siswa sangat menyukai pembelajaran yang dimodifikasi dengan permainan seperti itu. Selain bisa melihat seberapa jauh kemampuan siswa, dengan aplikasi ini juga dapat melatih siswa berkompetisi dengan teman-temannya yang lain, membuat merea kembali semangat lagi belajar dan tidak jenuh karena pembelajarannya tidak monoton hanya mencatat atau sekedar menghitung, selain itu aplikasi wordwall ini sangat mudah diakses oleh siswa yang hanya memiliki ponsel android tanpa harus dikerjakan di laptop atau komputer. Siswa-siswa saya sangat bersemangat dengan adanya pelajaran sambil bermain ini. Mereka juga mudah mengingat materi pelajarannya dari permainan ini karena permainan ini dirancang juga untuk melatih daya ingat siswa dengan materi yang saya sampaikan. Alhamdulillah setelah penerapan aplikasi ini siswa tidak lagi jenuh dalam pembelajaran saya, dan lebih semangat lagi dalam mengikuti pembelajaran setiap harinya walaupun pembelajaran dilakukan secara daring. Saya berharap tulisan saya juga bermanfaat bagi guru-guru lain di Indonesia untuk mulai menemukan berbagai macam kreativitas dan media-media lain dalam pembelajaran agar siswa-siswa kita selalu semangat dan termotivasi untuk belajar. Walaupun di masa pandemi sudah menjadi kewajiban pendidik untuk terus memberikan yang terbaik bagi siswa-siswanya.


Simak Video Pemaparan Ibu Effita Pramesti