BELAJAR IPA MENYENANGKAN DENGAN VIDEO ANIMASI DAN GAMES

20 Nov 2021 | by Carolina Evelyn, S.Si.,M.Pd

Mata pelajaran IPA sudah bukan lagi mata pelajaran favorit bagi murid SMP pada umumnya. Mereka sering kali mengeluh tentang sulitnya belajar IPA terutama di masa pandemi. Materi IPA yang terdiri dari gabungan materi fisika, biologi, dan kimia untuk tingkat SMP merupakan tantangan besar bagi murid yang tidak memiliki dasar matematika yang baik.


Proses belajar secara online merupakan sesuatu yang meresahkan sejak awal. Pada materi IPA kelas IX yaitu pewarisan sifat pada makhluk hidup terdapat tujuan belajar yaitu murid diharapkan mampu menerapkan hukum Mendel dalam pewarisan sifat serta membuat bagan persilangan sesuai dengan data yang telah disajikan. Para murid sering kali tidak fokus pada saat guru menjelaskan materi ini, mereka sulit mengerti, dan akhirnya mendapat hasil belajar yang rendah. Terkadang mereka juga perlu waktu lebih lama untuk memahami dibanding saat pembelajaran tatap muka.


Perlunya media yang menarik perhatian murid, penjelasan detail saat bertemu secara virtual melalui google meet serta menyediakan waktu menjawab pertanyaan mereka di luar jam pelajaran menjadi pilihan. Waktu penyampaian dan penyelesaian materi telah diatur dan disesuaikan dalam satu semester. Pengaturan waktu juga merupakan tuntutan kurikulum yang harus diikuti. Keadaan saat guru harus menyesuaikan pencapaian tujuan dengan waktu yang tersedia merupakan tantangan bagi guru tersebut.


Strategi belajar yang saya siapkan untuk menghadapi tantangan tersebut adalah dengan :

  1. Merencanakan pembuatan purwarupa dari media aplikasi penjelasan dan latihan soal yang menarik perhatian serta membantu murid memahami materi.

  2. Membuat purwarupa menggunakan aplikasi animaker agar murid tertarik dan fokus pada tujuan yang akan dicapai

  3. Membuat latihan soal yang menarik dengan aplikasi wordwall. 

  4. Menyajikan video animasi dan permainan saat pertemuan virtual melalui google meet.

  5. Membagikan semua sumber belajar kepada murid melalui google classroom agar bisa dipelajari kembali di rumah di luar jam belajar wajib.

  6. Memberikan waktu khusus bagi murid untuk bertanya di luar jam belajar melalui whatsapp.

  7. Menggunakan bantuan teman sebaya / tutor sebaya untuk mengajar murid yang belum bisa memahami materi ( terutama pada bagian penjelasan tentang penerapan hukum Mendel ) pada saat pembelajaran tatap muka terbatas.


Pelaksanaan kegiatan dengan strategi yang telah disusun ini mendapat respons yang baik dari murid. Mereka merasa lebih senang mempelajari materi serta lebih bersemangat saat dapat bertanya pada teman-teman mereka yang sudah lebih dahulu menguasai materi.


Inspirasi yang saya dapatkan sebagai guru dari strategi yang sudah saya laksanakan tersebut adalah seorang guru yang baik perlu memahami kebutuhan dan kesulitan para murid untuk mendapatkan cara menyelesaikan masalah atau membantu mereka mencapai tujuan belajar.


Strategi yang sudah dilaksanakan belum sempurna dan masih memerlukan perbaikan terus menerus. Meskipun strategi tersebut masih belum sempurna tetapi di dalam hati saya sudah mulai kembali berkobar semangat untuk memberikan pelayanan terbaik bagi murid-murid saya. Semoga hasil belajar yang mereka dapatkan benar-benar dapat lebih meningkat dan mereka dapat lebih bersemangat kembali untuk belajar IPA.


Simak Video Pemaparan Ibu Carolina Evelyn