Kotak Kreativitas

19 Nov 2021 | by Ita Atika Murni

Zaman semakin modern, teknologi semakin berkembang dengan pesat. Saya melihat rasa kebersamaan  dan kemandirian murid-murid mulai berkurang, yang tampak mereka asyik bermain sendiri, sehingga rasa peduli terhadap lingkungan sekitar mulai memudar. Orangtua memanjakkan anaknya dengan menyediakan berbagai macam permaianan. Dimana permainan yang disediakan oleh orang tua, terkadang tidak sesuai dengan usianya. Sehingga anak dirumah menjadi bosan, kurang kreatif, dan asyik bermain sendiri. Untuk meningkat rasa peduli dan sabar menunggu giliran perlu adanya permainan yang menyenangkan dan bisa dimainkan bersama. Untuk  itu guru  perlu  memiliki kreativitas untuk menciptakan permainan yang dapat menggali potensi anak agar dapat berkembang sesuai kemampuan dan meningkatkan kemampuan karakter anak.


Hal ini juga terlihat dalam kegiatan di kelas siswa asyik bermain sendiri, kurang konsentrasi saat bermain bersama teman, Siswa terlihat  ingin menang sendiri jika keinginan mereka tidak tercapai mereka mulai putus asa, malas,  dan menarik diri. Hal ini diakibatkan karena mereka biasa dibantu, sehingga dalam menerima kekalahan mereka belum bisa menerima kekalahan tersebut.  Begitu pula saat bermain di kelas siswa masih dimotivasi dalam bersabar menunggu giliran. Berjiwa besar saat menerima kekalah dalam suatu permainan. Untuk itu rasa peduli, sportif dan mandiri perlu ditanamkan sejak dini. 


Dengan situasi yang terjadi di sekolah dan di rumah, muncullah ide untuk membuat permainan edukatif dan ramah lingkungan yaitu Permainan Kotak Kreativitas. . Mengapa saya mengambil permaianan tersebut, karena saya melihat banyak sekali nilai-nilai yang dapat  diambil dan dikembangkan sesuai 6 aspek bidang pengembangan  Anak Usia  Dini. Instruksi-instruksi yang  diberikan kepada  siswa sesuai dengan indikator yang akan di capai. Contohnya yaitu: siswa menyebutkan rukun Islam, menyebutkan Pancasila dengan benar, mencari gambar dan kata yang sesuai lalu menuliskan kata tersebut, bermain penjumlahan dengan media yang tersedia, membuat benda  dari bentuk geometri yang tersedia, menunjukkan  salah satu kata magic word lalu mempraktekkannya saat  bermain.


Permainan Kotak Kreativitas , cara bermainnya sama seperti permainan ular tangga. Dengan Permainan Kotak Kreativitas anak belajar dengan menyenangkan dan sesuai dengan 6 aspek bidang pengembangan Anak Usia Dini dalam satu kegiatan. Langkah-langkah dalam  bermain Kotak Kreativitas, dianataranya adalah sebagai berikut: Guru memberikan instruksi untuk menentukan urutan pemain dengan cara suit atau hompimpa. Setelah itu siswa bermain sesuai urutannya, Siswa yang menang dengan cara suit atau hompimpa dapat bermain terlebih dahulu.  Siswa mengambil dadu dan melemparkan dadunya. Siswa berjalan menempati kotak kreativitas sesuai jumlah dot yang tampak pada dadu. Siswa bermain sesuai instruksi yang tertera pada kotak kreativitas.  Pemenang adalah yang sampai dahulu pada kotak yang berangka 20. Alhamdulillah siswa senang melakukan permainan kotak kreativitas dan  dalam mengikuti peraturan permainan berjalan dengan tertib.


Kotak Kreativitas, dari namanya saja sudah harus kreatif, tapi kreatifnya yang mengandung nilai-nilai karakter yang baik, Permainan Kotak Kreativitas ini dapat mengembangkan kreativitas anak dalam belajar, bersabar menunggu giliran, meningkatkan percaya diri, dan bersosialisasi dengan suasana belajar yang asyik dan menyenangkan. Dengan Permainan Kotak Kreativitas ini semoga dapat melahirkan generasi yang tangguh, mandiri dan berakhlak, Bukan generasi yang cengeng dan sombong. Saya juga berharap semoga permainan Kotak Kreativitas ini dapat menginspirasi orang banyak agar tercapai merdeka belajar.


Simak Video Pemaparan Oleh ibu Ita Atika Murni