Belajar Bersama Di Tasya

19 Nov 2021 | by Maulidiya Rahma Prastiti

Pembelajaran IPA materi sistem tata surya memiliki cakupan materi yang cukup luas.  Pembelajaran IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja, melainkan juga merupakan suatu proses penemuan. Materi pembelajaran IPA khususnya sistem tata surya yang bersifat abstrak. Materi ini cukup banyak dan luas. Murid-murid merasa jenuh dan kurang bersemangat ketika hanya membaca materi di buku saja. Menggunakan satu media saja rasanya kurang untuk menyampaikan materi ini. Murid-murid membutuhkan media pembelajaran yang interaktif, sesuai dengan minat mereka, dan dapat mencakup kebutuhan media yang mereka inginkan. Saya membutuhkan suatu media yang berdiferensiasi sehingga dapat memenuhi semua kebutuhan belajar murid di kelas. beberapa murid senang belajar dengan menyimak video pembelajaran, ada yang senang membaca, mendengarkan musik, dan tentunya banyak yang senang bermain game. Saya memfasilitasi mereka dengan membuat media pembelajaran yang dapat mencakup beberapa sumber belajar tersebut.

Saya mulai mencari cara agar pembelajaran menjadi lebih interaktif. Berdasarkan minat murid-murid saya terhadap teknologi, maka saya membuat media pembelajaran interaktif berbasis Google Slide dengan tajuk Belajar Bersama Si Tasya (Sistem Tata Surya). Media pembelajaran interaktif berbasis Google Sites ini sudah mencakup teks, gambar, infografik, video pembelajaran, game edukasi, dan model 3 dimensi sistem tata surya. Media ini menyediakan teks yang dilengkapi gambar planet-planet dengan komposisi warna dan bentuk yang menarik. Penyajian materi pembelajaran dengan infografik juga memudahkan murid untuk mempelajari materi karena lebih terstruktur. Murid dapat mempelajari sistem tata surya melalui video pembelajaran dari youtube Rumah Belajar Kemdikbud yang telah ditautkan ke dalam Google Sites. Video pembelajaran tersebut dikemas seperti film animasi yang dapat meningkatkan minat belajar mereka. Begitu pula siswa yang senang bermain game, maka saya menambahkan game edukasi dari Portal Rumah Belajar Kemdikbud yang berjudul Misi Luar Angkasa. Di dalam game edukasi ini, murid dapat belajar sambil bermain. Game Misi Luar Angkasa menyajikan permainan pertempuran di luar angkasa. Murid mengikuti misi mengalahkah musuh dengan cara menembakkan peluru ke pesawat musuh. Murid diharuskan menjawab pertanyaan-pertanyaan untuk mengalahkan dan meledakkan pesawat musuh. Selain game edukasi, media interaktif ini berisi model 3 dimensi dari website www.sketchfab.com. Murid dapat mengamati wujud nyata planet-planet dalam bentuk 3 dimensi.

Setelah murid-murid saya belajar menggunakan media aplikasi Google Sites ini, ternyata pemahaman murid terhadap materi sistem tata surya semakin meningkat. Murid tidak merasa bosan belajar. Saya membagikan link media Google Sites Si Tasya ini di grup Whatsapp. Mereka bisa belajar kapanpun dan dimanapun karena media ini bisa diakses di android mereka. Hasil lain dari belajar dengan media aplikasi Google Sites Si Tasya ini adalah murid-murid lebih kreatif. Hal ini dibuktikan ketika mereka mampu membuat model sistem tata surya dan bagan terjadinya gerhana. Karya-karya murid ini dikumpulkan untuk dijadikan portofolio siswa.



Simak Video Pemaparan Ibu Maulidiya Rahma Prastiti