Media Panduan Infografis Belajar di Blog dan Sites

19 Nov 2021 | by Elfison Dahsananranca Syawtupan

Awal Pada masa pandemi adanya perubahan dalam pelaksanaan belajar mengajar. Perubahan inilah yang membuat kita harus berinovasi Sesuai dengan pendidikan kejuruan yang menitikberatkan kepada keahlian. Jika dalam melaksanakan pembelajaran dilakukan secara secara daring. Dengan keterbatasan alat menjadi suatu tanggung jawab kepada murid untuk belajar dengan mandiri. Kompetensi keahlian sangat sulit tercapai jika tidak dipraktekkan secara langsung. Pencapaian kompetensi yang banyak dilakukan dengan cara praktek. Diharapkan dengan praktek meningkatkan kompetensi. Apalagi dalam praktek banyak menggunakan alat. Jika tanpa melakukan tatap muka dan praktek secara langsung banyak yang akan tidak tercapai. 


Tantangan Dalam masa pandemi adanya kesulitan dalam menerapkan protokol kesehatan. Pandemi menjadi perubahan kegiatan yang berkurang dari waktu yang sesuai dengan pelaksanaan praktek. Membuat kegiatan tatap muka dan langsung dibatasi. Penggunaan alat-alat juga dibatasi karena harus diperiksa dan dibatasi penggunaan dalam kegiatan. Waktu pertemuaan yang dibatasi menyebabkan terasa belum maksimal dalam melaksanakan praktek. Pendidikan vokasi diharapkan lebih banyak daripada praktek Dalam kenyataan alat-alat praktek yang tersedia tidak mencukupi. Mengakibatan ketercapaian kompetensi keahlian tidak maksimal. Hasil yang diharapkan untuk mencapainya akan menjadi berkurang. Dengan demikian kendala inilah yang harus dilalui dan mencari solusi yang terbaik.


Aksi Menerapkan metode yang sesuai dengan pendidikan vokasi. Metode mengkombinasikan antara luring dan daring. Pelaksanaaan dengan metode tatap muka di perbolehkan dengan memenuhi ketentuan protokol kesehatan. Blended learning dilakukan dengan daring menggunakan media online. Dalam daring juga menggunakan LMS (Learning Management System) dan pertemuan virtual. Dalam daring ada istilah dengan asinkronus dan sinkronus. Yang dibahas dalam daring tentang teori dan langkah- langkah dalam praktek untuk kompetensi keahlian Selama daring menggunakan e-modul, e-book, media-media pembelajaran lainnya yang sesuai dengan kompetensi keahlian. Pelaksanaan praktek kompetensi dilakukan secara luring. Keterbatasan waktu praktek maka dilakukan dengan tugas mandiri. Untuk mengatasi keterbatasan waktu pertemuan maka dibuat kegiatan pembelajaran proyek. Pembelajaran proyek dilakukan secara mandiri untuk melihat sejauh mana kompetensi yang dimiliki. Penugasan proyek dilakukan dengan cara tugas mandiri tak struktur. Untuk pendalaman materi selama mereka melakukan pembelajaran. Dalam kegiatan proyek murid diharapkan bisa menyelesaikan suatu praktek sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Murid secara umum menyenangi pembelajaran yang diterapkan. Mereka bersemangat dalam belajar baik secara blended dan proyek. Dalam melaksanakan kombinasi dan proyek murid lebih cepat menangkap apa yang sudah didapat. Pelaksanan dengan kombinasi diperbolehkan oleh Dirjen Vokasi tetapi tetap dengan memperhatikan protokol kesehatan dan pencegahan pandemi. 

Perubahan Kompetensi keahlian tercapai dimana murid merasakan langsung untuk membuat suatu proyek. Praktek membawa dampak yang signifikan.Tidak hanya abstrak tetapi menjadi kenyataan Menambah kemampuan dalam kompetensi keahlian. Tujuan dari pendidikan vokasi tercapai. Serta membawa murid menjadi lebih meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan praktek serta belajar. Pada kenyataan bahwa suatu teori tanpa praktek akan terasa hampa. Teknologi dengan tatap muka atau langsung menyebabkan pembelajaran menjadi menyenangkan. Pelaksanaan proyek yang dilakukan para murid untuk melatih mandiri. Ada bedanya pembelajaran langsung dengan virtual. Pembelajaran langsung terasa lebih indah dan bermakna. Metode dan pembelajaran seperti inilah yang akan terus dikembangkan terutama dalam pendidikan vokasi. Sekolah kejuruan dengan BMW (Bekerja, Melanjutkan dan Wirausaha) akan terus berkembang. Strategi yang dilaksanakan terus dipertahankan bila perlu ditingkatkan. Pengalaman pelajaran yang berharga.



Simak Video Pemaparan Oleh Bapak Elfison Dahsananranca Syawtupan