Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran

20 Nov 2021 | by RIZKI ALHAIRIAH

Pandemi covid-19 menuntut guru melakukan kombinasi pembelajaran daring maupun luring. Guru juga didorong kreatif dan inovatif dalam memfasilitasi kegiatan belajar dari rumah agar murid tetap mendapat materi pembelajaran menarik dan bermanfaat. Sasaran yang ingin saya capai dalam menjalankan tanggung jawab sebagai guru adalah siswa yang aktif, kreatif dengan hasil belajar yang baik. Keresahan yang saya rasakan dalam mendampingi proses belajar murid yaitu saya di nomor duakan, karena mereka asik dengan HP dan mengobrol bahkan tidur. Tujuan pengajaran yang ingin saya capai dan saya bagikan adalah murid yang aktif, kreatif dengan hasil belajar yang baik. 

Tantangan yang saya lalui adalah beberapa murid tidak mau mendownload aplikasi TikTok dengan alasan memori HP tidak cukup, kemudian pada beberapa murid masih awam pada penggunaan aplikasi TikTok, sehingga saya membuat tutorial cara menggunakan aplikasi TikTok secara sabar saya melayani setiap pertanyaan dan keluhan murid sehingga mereka bersemangat untuk mencoba. Kemudian yang saya lakukan ketika membuat media pembelajaran TikTok  saya mulai mencari cara yaitu memanfaatkan kesukaan murid, yaitu aplikasi TikTok 

Strategi pembelajaran yang saya gunakan yaitu: a).  pengembangan murid aktif melalui pembelajaran langsung agar bermakna, b).visual based learning konten pengetahuan harus dikuatkan menggunakan bentuk-bentuk visual media berbasis Teknologi Informasi (TI), berupa video, grafik dan animasi, c). student centered learning pembelajaran diarahkan dengan menggantikan peran guru menjadi fasilitator dalam proses pembelajaran, d). learning process melalui penguatan konsep didorong dengan memberikan kesempatan kepada murid untuk terlibat aktif dan berpikir kritis (critical thingking) dalam proses penyelesaian masalah (problem solving), e). outcome based education pada tahap ini saya sebagai guru merumuskan capaian pembelajaran setelah melakukan proses pembelajaran menggunakan TikTok, f). co-working space yaitu memfasilitasi proses pembelajaran dan metode pembelajaran yang fleksibel, kreatif, berbasis capaian dan berorientasi pada hasil untuk selalu bekerja sama, g). fully online pada tahap ini saya mendorong siswa menggunakan sumber belajar internal dan eksternal dengan memanfaatkan teknologi informasi, h). mendorong pembelajaran sepanjang hayat, i). flipped learning pada tahap ini saya melakukan pengarahan murid untuk memberikan kesempatan dan tantangan melakukan eksplorasi hal-hal baru dan direfleksikan, j). pengembangan mata pelajaran ekonomi inovatif yaitu mata pelajaran yang relevan dengan kondisi terkini dan memperkuat kompetensi abad 21.

Sangat menantang dan mengasikkan sekali menerapkan dan membuat media pembelajaran melalui aplikasi TikTok, kesabaran merupakan kunci utama dalam mencapai hasil yang maksimal. Respon murid sangat beragam, mulai dari antusias melihat materi dari TikTok, kemudian, ketika diminta membuat jawaban dari soal yang diberikan dengan menggunakan TikTok respon murid yaitu ada murid yang malu, ada yang sudah expert dalam hal mengedit dan membuat. Hal tersebut pada akhirnya membawa murid pada zona nyaman menggunakan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran yang menyenangkan.

Perubahan setelah menggunakan dan membuat media pembelajaran melalui aplikasi ToikTok murid menjadi fokus, aktif, kreatif dan hasil belajar meningkat. Menyelami kesukaan siswa pada HP dan sosial media membuat saya sadar bahwa murid adalah individu yang unik yang bisa di arahkan menjadi lebih baik. Selama proses pembuatan media ini terdapat komentar pedas dari rekan sejawat mengatakan bahwa TikTok adalah aplikasi untuk “JOGED-JOGED” dan banyak mudoratnya. Kemudian ketika saya meminta murid untuk membuat jawaban soal menggunakan aplikasi TikTok, ada siswa yang menolak untuk mengerjakannya,. Saya berusaha meyakinkan bahwa ketika kamu ahli dalam TI siapa tahu nanti kamu akan menjadi ahli TI pada sebuah perusahaan besar. Akan tetapi ada juga murid yang tidak mengerjakannya ya tidak mengapa, bukankah kita tidak dapat memaksakan sesuatu hal kepada orang lain untuk ia sukai? Strategi belajar yang saya kombinasi masih perlu penambahan seperti lebih memahami kondisi kejiwaan murid yang tidak mau mengerjakan tugas yang saya minta. Akan tetapi alhamdulillah sebagian besar murid antusias dengan media pembelajaran TikTok yang saya buat dan yang mereka buat sehingga hasil belajar mereka menjadi baik.


Simak Video Pemaparan Ibu Rizki Alhairiah