Erupsi Gunung Api

01 Dec 2021 | by Neltin Murni Yenti

 Salam kenal,perkenalkan nama saya Neltin Murni Yenti biasa di panggil Bu Neltin. Salah satu guru georafi di SMAN l Lembah Gumanti. Pada semester  satu ini mengajar georafi kelas X  dan kelas XI.

Belajar geografi  di tingkat Sekolah Menengah  Atas  terutama kita negara  Indonesia merupakan suatu keharusan,  dimana negara kita  berada pada satuan  lempeng / kerak bumi  dunia yang bergerak aktif. Belajar geografi dengan harapan  siswa Sekolah Menengah Atas  mengetahui,memahami  dan dapat mengkomunikasikan  keadaan bumi Indonesia.

Sesuai kurikulim  kelas X  semester 1  Kompetensi Dasarnya   tentang  Bumi Sebagai Ruang Kehidupan  dengan sub materi  lapisan bumi, yang nantinya  dasar  dari pembelajaran geografi untuk tingkat berikutnya.Sebagai guru  bidang studi   merasa  ada hambatan   terhadap  materi lapisan bumi  karena kurangnya minat belajar siswa.Hal ini banyak penyebabnya  seperti   belajar Daring dengan waktu terbatas, sinyal jaringan internet  yang tidak kodusif,penggunaan handphone  yang tidak tepat/ banyak di salahgunakan siswa,guru tidak sepenuhnya dapat memantau siswa, hilangnya minat  baca , tidak tersedianya buku -buku penunjang  karena harganya mahal.Sedangkan untuk pemahanan materi lapisan bumi dan gerak lempeng  bu Neltin menganggap siswa  Sekolah Menengah Atas ilmu yang sangat penting  dimengerti  dan  siswa mampu mengkomunikasikannya.

 Maka   oleh sebab itu guru  seharusnya  menemukan ide-ide baru yang akan merangsang minat belajar  siswa,dalam hal ini  bu Neltin sesuai materi  lapisan bumi   dapat menggunakan media yang tepat  yaitu alat peraga  berupa tiruan lapisan bumi dan  tipe gerak kerak bumi /  lempeng. Dengan adanya alat peraga ini  diharapkan siswa terlibat  langsung dalam  belajar,dapat mengembangkan imajinasi  dan menumbuhkan daya ingat  sehingga dengan sendirinya  minat belajar akan muncul.

 Meskipun  pada alat peraga ini  hanya berupa tiruan -tiruan saja ,bu Neltin  sangatlah penting untuk pemilihan dan pengunaan yang tepat, seperti kebutuhan siswa  ,latar belakang siswa, kondisi  harian siswa, ruang belajar ,yang saat ini di kenal dengan istilah merdeka belajar.

Sebelum penggunaan alat peraga,bu Neltin terlebih dahulu  memperkenalkan ,menginformasikan    pada pertemuan akhir  sepekan   sebelum  waktu penggunaan  media alat peraga  di praktekkan, hal ini didahului  dengan cara menyampaikan  topik materi, alat dan bahan yang di gunakan, urutan langkah kegiatan, tujuan kegiatan, dan anggota-anggota  kelompok yang mungkin terlibat, serta  instruksi  pengaturan  sarana  di kelas nantinya.

 Sesuai  materi ajar lapisan bumi   geografi kelas X   media  alat peraga   yang dipilih,menjadikan siswa  bertanggung jawab  menyediakan alat dan bahan kegiatan,memahami  urutan langkah kegiatan dan berada pada kelompok-kelompok   kecil terencana,sehingga semua siswa  satu kelas  secara teliti dan antusias berbuat  dan berhasil memahami, mengkomunikasikan materi lapisan bumi yang terdiri dari 3 lapisan, yang mana lapisan tersebut  berbeda disebabkan karena  sifat,unsur utam a pembentuk dan suhu yang di miliki dan gerak kerak bumi/lempeng   ada 3 macam gerakan yang unik  yaitu : 1) gerak lempeng /kerak bumi  trasform yang berselisih satu sama lainnya. 2)Gerak lempeng/kerak bumi  yang saling menjauh.3) Gerak lempeng/ kearak bumi saling bertumbuk, yang masing-masin dari gerak ini memiliki danpak yang berbeda terutama untuk kita Indonesia

BU Neltin  mengganggap  melalui  penggunaan alat peraga ini berangsur  siswa mulai terpancing  untuk kritis bertanya,bisa beragumen dan tidak ada lagi siswa yang cuek.Juga  bu Neltin bersama siswa menjadi mudah menyimpulkan  materi  akhir pelajaran.

Sesuai tuntutan  zaman  dan guru profesional Indonesia  sudah sepatutnya   selalu mecetuskan ide-ide  baru,salah satunya  penggunaan Alat Peraga       untuk menumbuhkan  minat belajar siswa sesuai tuntutan kurikulum  dan pendidikan  di Indonesia yang memotivasi,tidak membosankan dan menyenangkan ,hidup merdeka belajar.

Simak video Bu Neltin disini