Media Gubahan Lagu

12 Dec 2020 | Inovasi Media Ajar dari Yunita Lestari, SMP Negeri 18 Semarang

Profil Awal Murid: Murid kelas 7 berumur antara 12-13tahun. Baru di tahun pertama belajar Bahasa Inggris dengan kosa kata yang masih sedikit. Karakter siswa masih malu-malu tetapi mereka beminat untuk belajar Bahasa Inggris.

Awal :Murid-murid antusias untuk belajar bahasa inggris namun saat materi pronoun, murid-murid agak sulit memahami apa yang saya sampaikan. Apalagi saya menerangkan hanya dengan tayangan berupa tabel dan beberapa contoh kalimat.

Tantangan: Murid semakin meraba-raba apa yang disampaikan guru. Murid pun merasa jenuh, materi yang diberikan seolah berlalu tanpa makna. Banyak siswa yang tidak merespon saat pembelajaran berlangsung.

Aksi:Saya mencoba mencari ide, kira-kira pembelajaran seperti apa yang diinginkan murid dan bisa mempermudah mereka untuk memahami materi dan menggunakannya. Saya teringat dengan lagu yang familiar dan mudah dinyanyikan, yaitu “are you sleeping?”. Saya memutuskan untuk menggunakan media gubahan lagu. Saya mulai menggubah lagu tersebut dengan cara mengganti lirik lagu dengan kalimat-kalimat sederhana yang didalamnya berisi materi pronoun (kata ganti).

Pembelajaran: Akhirnya mereka bisa menggunakan kata ganti dengan benar. ganti yang mereka gunakan dalam lirik pun sudah benar. Beragam respon yang diberikan murid saya. Ada yang menyatakan kegiatannya menyenangkan dan menantang. Mereka senang dengan lagu dan lirik baru. Menantang, karena mereka harus menciptakan lirik terlebih dahulu sebelum menyanyikannya. Adapun murid yang menganggap materi ini sulit, termotivasi dengan antusiasme teman-temannya dalam menyelesaikan lirik lagu tersebut.