Belajar IPA Semakin Asik dengan Flipbook Interaktif

19 Nov 2021 | by Mas’atul Farhah

Sudah satu setengah tahun Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dilakukan akibat pandemi Covid-19. Selama itu pula, murid belajar melalui ruang virtual. Di sekolah kami, kegiatan pembelajaran biasanya diawali dengan guru memberi paparan materi di zoom meeting atau bahan ajar dalam bentuk pdf yang dishare di grup Whatsapp, lalu murid mengerjakan tugas yang kemudian dikirim ke wali kelas. Namun seiring waktu saya menemukan beberapa murid mulai kehilangan motivasi belajar. Mereka sering menunda mengerjakan tugas dan diantaranya mengerjakan tugas seadanya. Mereka juga mulai mengeluh jika diminta mengerjakan tugas menulis di buku tulis. Tentunya kondisi ini mendorong saya untuk memikirkan inovasi agar murid kembali antusias belajar.

Dalam proses pencarian inovasi media pembelajaran, saya perlu mempertimbangkan kondisi bahwa tidak setiap pekan pembelajaran IPA mendapatkan jatah zoom meeting. Artinya, media pembelajaran IPA yang saya buat harus mengakomodasi hal berikut; inovatif, interaktif dan dapat digunakan secara mandiri oleh murid. Pada akhirnya saya memutuskan untuk membuat media dalam bentuk panduan pembelajaran. Untuk menambahkan unsur inovatif serta interaktif saya mengemas panduan ini dalam bentuk flipbook dengan sebuah tools bernama heyzine. Topik pembelajaran yang akan dibahas adalah tentang pelestarian sumber daya alam.

Saya mulai membuat desain purwarupa panduan pembelajaran di Canva, karena disana banyak sekali assets yang bisa digunakan untuk membuat tampilan media pembelajaran semakin menarik. Setelah diberitahu oleh kurator bahwa dalam panduan pembelajaran sebaiknya disertakan juga asesmen dan rubrik penilaian. Saya memutuskan untuk memanfaatkan padlet dan wordwall sebagai alat asesmen pembelajaran. Selain dapat dimanfaatkan untuk mengumpulkan data, aplikasi tersebut juga bersifat interaktif. Link padlet dan wordwall tersebut disisipkan dalam flipbook panduan pembelajaran yang saya buat.

Pembelajaran dilakukan dengan lebih dulu mengenalkan cara menggunakan panduan pembelajaran IPA berbentuk flipbook tersebut pada murid. Selanjutnya murid mengikuti rangkaian kegiatan belajar yang terdapat di dalam panduan. Pertama, murid membaca narasi tentang manfaat sumber daya alam dalam kehidupannya sehari-hari. Kemudian murid diajak mengamati keadaan lingkungan di sekitar tempat tinggalnya dan menyampaikan laporan pengamatannya di padlet. Pada pertemuan berikutnya, murid membaca infografis tentang jenis-jenis sampah, kemudian murid memainkan game pengelompokkan sampah di wordwall. Di pertemuan ketiga, murid membaca infografis tentang prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dan kemudian murid melakukan kegiatan upcycle yang hasilnya diunggah di padlet.

Panduan pembelajaran IPA berbentuk flipbook ini mendapat respon positif baik dari murid, orangtua murid maupun rekan guru lainnya. Ada salah satu orangtua murid yang mengatakan bahwa anaknya jadi tambah semangat belajar karena buku panduannya menarik. Saya juga melihat perubahan positif dari para murid, ketika mereka diminta untuk mengunggah hasil tugasnya di padlet, mereka saling berlomba-lomba menampilkan yang terbaik dan memberi respon segera. Beberapa murid juga saling memberi umpan balik pada hasil karya temannya. Dari pengalaman ini saya belajar bahwa kemajuan teknologi dapat dimanfaatkan oleh guru untuk mengakomodasi kebutuhan belajar murid terutama di kondisi pandemi saat ini. Teknologi dapat menjadi jawaban dari kebuntuan yang kita temukan dalam proses pembelajaran konvensional.

Foto Media Pembelajaran : 

https://lh4.googleusercontent.com/0lx5e4wuNwmxVDEUpY_tpembthZ6L90Nxp1H5iQXFTnlGZY8ugKjljaoU8w8cIWC0-kObjQnXgW4sBpQXr3HW3kMiW41P3E97hVRe6vWXrcv1wdTA2sqQAKOTboZ0CLpErjF738https://lh6.googleusercontent.com/SZj7A_HC11_PECSg2aAPZsC82TitMRr34R0TEUnwk_SNIeCmADiCVH0ukV06btpA0_TXWyzon4D1fJtm8G5ZkDECHiI7t7dRLlweb2bayPgIUt6X3Mb26TWRQPt447GkpZo4y2A


Simak Video Bu Mas'atul Farhah