Eksplorasi Kimia dengan Video Demonstrasi Praktikum

01 Dec 2021 | by Is Daryani

Pandemik COVID – 19 di tahun pelajaran 2021 – 2022 belum usai, walaupun jumlah kasus sudah melandai . Awal bulan September, Pemerintah mengizinkan Pertemuan Tatap Muka di sekolah secara terbatas. Sekitar 50 % murid boleh masuk ke sekolah. Pembelajaran masih variasi antara PTMT dan PJJ. Murid yang melakukan PTMT di sekolah juga belum dapat melakukan pembelajaran secara berkelompok. Untuk pembelajaran Kimia di kelas XI, beberapa pokok bahasan memerlukan kegiatan praktikum di Laboratorium Kimia. 

Pada pokok bahasan Laju Reaksi, Kompetensi Dasar Keterampilan yang harus dikuasai siswa, yaitu Merancang , melakukan , dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan faktor – faktor yang mempengaruhi laju reaksi dan orde reaksi. Materi Laju Reaksi ini , merupakan salah satu materi yang memerlukan perhitungan berdasarkan data yang diperoleh dari suatu percobaan atau praktikum. Kendala yang dihadapi saat ini , murid belum dapat melakukan percobaan di laboratorium, jika dilakukan di rumah, harus menggunakan bahan – bahan kimia yang sulit di dapat. Oleh sebab itu,  saya mencoba untuk membuat media pembelajaran  yang dapat membantu siswa agar dapat memenuhi kompetensi dasar tersebut. Salah satu bentuk media pembelajaran yang digunakan adalah media video. 

Saya menyusun rancangan demonstrasi untuk praktikum penentuan orde reaksi dan persamaan reaksi. Alat dan bahan yang ada di laboratorium disiapkan, serta disusun langkah – langkah percobaannya. Tujuan dari percobaan ini, murid dapat menentukan orde reaksi dan persamaan laju reaksinya berdasarkan perubahan konsentrasi larutan. Saya menggunakan reaksi antara larutan Natrium Tiosulfat dengan larutan Asam Klorida. Setiap Langkah percobaan dan waktu yang dibutuhkan oleh reaksi saya rekam, sehingga murid dapat mengamati bagaimana suatu reaksi terjadi dengan konsentrasi larutan yang berbeda – beda dan pengaruhnya terhadap waktu yang dibutuhkan. Laju reaksi dapat diketahui dengan mengukur waktu yang diperlukan untuk terjadinya suatu reaksi. Di akhir video , murid diberikan tugas membuat portofolio dalam bentuk poster atau file Powerpoint. Mereka melengkapi tabel hasil pengamatan dari waktu yang diperlukan untuk bereaksi, dan menghitung konsentrasi larutan. Setelah video selesai saya buat, saya unggah ke aplikasi youtube dan membagikan tautan kepada setiap kelas saat pertemuan tatap muka. Di kelas, saya menayangkan video tersebut, dan murid menyimak apa yang disajikan dalam video, kemudian mereka dapat memberikan pertanyaan untuk hal – hal yang belum dipahami. Untuk murid yang melakukan PTMT mereka dapat menyaksikan langsung tayangan video melalui layar in focus, sedangkan siswa yang PJJ , menyaksikan melalui berbagi layar di aplikasi google meet di layar laptop atau tablet mereka.

         Dalam melaksanakan pembelajaran ini, saya melibatkan murid agar dapat mengamati, menerapkan konsep perhitungan tentang pengenceran larutan, menghitung laju reaksi berdasarkan waktu pengamatan dan menyimpulkan orde reaksi berdasarkan grafik yang dibuat antara perubahan konsentrasi dan laju reaksi. Murid dapat menyajikan hasil pengamatan mereka melalui bentuk poster maupun bentuk sajian power point. 

     Dengan menggunakan media video ini, dapat membantu siswa dalam mengamati suatu reaksi dan menentukan persamaan laju reaksi berdasarkan data percobaan. Media ini juga dapat memberikan pengalaman belajar yang berbeda, agar mereka tidak bosan belajar selama PJJ.  Dalam menyusun video ini memang membutuhkan waktu yang lama , dimulai dari menyiapkan alat dan bahan, melakukan demonstrasi  dan melakukan pengeditan video. Dari seluruh rangkaian proses tersebut, saya mendapatkan pengalaman dan ilmu yang baru dalam membuat video pembelajaran yang benar. Setelah melihat hasilnya dan saya sajikan kepada murid – murid , saya  merasa puas dan hasil karya saya dapat bermanfaat bagi murid – murid saya untuk belajar.   Hasil portofolio yang dikirimkan oleh murid – murid saya,  walaupun hanya 50 % murid yang mengerjakan portofolio dengan jawaban yang benar sesuai dengan tugas yang diberikan, saya tetap memberikan apresiasi kepada mereka.

Demikianlah praktik baik yang bisa saya sampaikan mengenai penggunaan video pembelajaran dalam menentukan laju reaksi berdasarkan data percobaan.

Simak video Bu Is disini